10 Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung tidak bisa diremehkan. Penderitanya bukan saja orang berusia tua, namun sudah menjangkiti usia dewasa muda bahkan remaja. Kebanyakan penyakit jantung di masa modern dipicu cara hidup tidak sehat. Mengonsumsi makanan cepat saji ( junk food), kurang begerak, merokok, mengonsumsi kafein berlebihan, dan sebagainya dinilai menjadi beberapa pemicunya.


Kabar buruknya, serangkaian pemicu penyakit jantung biasanya ikut menjadi pemicu hadirnya masalah kardiovaskular lainnya. contohnya adalah stroke. Berbagai pemicu tersebut akan bermuara pada peningkatan kolesterol dan hipertensi. Kedua hal itu menjadi faktor utama saat ini yang menyebabkan serangan jantung koroner.
Langkah terbaik mengatasi penyakit jantung adalah melakukan pencegahan sejak dini. Selain dengan menghindari bebagai pemicu tersebut, sangat disarankan melakukan usaha untuk membugarkan jantung.
Perlu dipahami, jantung sebenarnya kerjanya mirip otot yang perlu diajak berlatih. Berikut ini serangkaian langkah untuk mencegah penyakit jantung:
1. Jalan Kaki
Cukup dengan berjalan kaki cepat seama 20 sampai 30 menit per hari akan melindungi kesehatan jantung. Jantung akan memompa denyut sehingga sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh dapat terjaga dan menguatkan jantung.

2. Mengonsumsi makanan sehat
Lebih baik membuat makanan di rumah daripada membeli makanan cepat saji yang kaya garam dan lemak jenuh. Garam memicu hipertensi dan lemak jenuh menambahkan kolesterol. Konsumsi pula serat dari buah-buahan dan sayuran.


3. Banyak bergerak
Jika aktivitas sering banyak bergerak maka kemungkinan lemak tubuh berkurang juga lebih tinggi. Artinya, jantung ikut terlatih sementara kolesterol dan hipertensi menurun. Ini si luar aktivitas olahraga.

4. Berolahraga sesuai usia dan kemampuan
Berolahraga memang menyehatkan,tapi sesuaikan dengan kemampauan dan umur. Berlebihan berolahraga sangat berbahaya bagi jantung. Kondisinya bisa kelelahan sehingga justru dapat menimbulkan serangan jantung.

5. Berhenti merokok dan minum alcohol
Kedua hal ini agen yang memengaruhi kesehatan jantung. Racun rokok dapat mengentalkan darah sehingga mengganggu sirkulasi darah, termasuk aliran yang menuju jantung.

6. Mengatur stress
Stres boleh saja asal bisa dikendalikan. Kalau stres sampai kronis maka memengaruhi kesehatan secara menyeluruh seperti meningkatkan tekanan darah dan menurunkan kekebalan tubuh.

7. Tidur
Cukup tidur sanat penting salah satunya untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya serangan jantung atau penyakit kardiovaskular lain.

8. Mengonsumsi antioksidan
Zat ini penting untuk semua bagian tubuh termasuk jantung. Pasalnya, antioksidan akan meremajakan sel dan menangkal radikal bebas. Sehingga organ tubuh dapat bekerja optimal.

9. Makan kacang
Kacang membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) untuk melawan kolesterol jahat (LDL). Risiko penyakit jantung akan turun. Namun sebaiknya konsumsi kacang yang diolah bukan dengan digoreng.

10. Melakukan pengecekan kesehatan jantung
Ini diperlukan ketika usia sudah mencapai pada angka yang rentan terkena masalah jantung. Di usia 40 tahun ke atas sebaiknya berkonsultasi ke dokter jantung dan melakukan serangkaian tes. Dokter akan memberikan saran kesehatan yang tepat atas kondisi jantung terkini.


0 Response to "10 Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung"

Post a Comment