Buah Ini Terbukti Ampuh Untuk Mengatasi Kolesterol


Kolesterol menjadi sesuatu yang menakutkan dalam kehidupan modern ini. Zat ini sudah terbukti menjadi musuh bagi kesehatan. Bayangkan saja, dari menumpuknya kolesterol menjadi sebab terjadinya hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.
Masalahnya, banyak makanan yang dijual sekarang ini penuh dengan lemak jenuh yang menyebabkan menumpuknya kolesterol dalam darah. Makanan cepat saji dan gorengan adalah beberapa contohnya.


kolesterol sebenarnya tidak membahayakan jika jumlahnya selalu terkontrol. Zat ini terdiri dari dua jenis yaitu HDL dan LDL. HDL sering disebut dengan kolesterol baik dan tidak membahayakan. Sementara LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat membahayakan kesehatan.
Semakin tinggi nilai kolesterol jahat dalam darah, maka seseorang makin tinggi mengalami risiko penyakit kardiovaskular. Meski begitu, kolesterol bisa dikontrol dengan berbagai cara. Di antaranya yaitu menjalani gaya hidup sehat dan makan buah-buahan tertentu.
Dari sekian banyak buah-buahan, berikut ini ada lima jenis buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
1. Lemon
Buah ini memiliki nutrisi yang disebut pektin. Pektin berguna dalam meluruhkan kolesterol sehingga aliran darah lebih bersih dari kotoran. Di samping itu dalam 100 gram lemon, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 256 miligram dan kalsium sebesar 126 miligram. Minum sari lemon setiap hari akan membantu tubuh lebih sehat.

2. Anggur
Sama seperti jeruk, anggur memiliki kandungan pektin untuk mengatasi kolesterol tinggi. Bila seseorang rutin mengonsumsi anggur, kemungkinan kolesterol dapat luruh mencapai 19 persen. Sementara itu, sifat kandungan air dalam anggur yang basa membantu meluruhkan lemak-lemak di dalam tubuh termasuk yang sudah mengeras. Kandungan lainnya adalah polifenol, vitamin C, dan tanin.


3. Apel
Ada peptang mengatakan makan apel setiap hari dapat membantu untuk tidak berkunjung ke dokter. Mungkin ada benarnya karena apel kaya dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan. Untuk melawan kolesterol, buah ini sudah dibekali dengan pektin dan karoten. Seratnya sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan tipenya serat larut air. Vitamin C yang dimilikinya juga cukup tinggi.

4. Alpukat
Sebenarnya alpukat termasuk buah yang kaya dengan lemak. Namun jangan terkecok, sebab jenisnya adalah lemak tak jenuh. Lemak ini justru bermanfaat dalam mengatasi tingginya kolesterol jahat. Dan, menurut studi di Amerika, kolesterol dapat turun dari 8,7 persen sampai 42,8 persen jika seseorang makan sebanyak seperempat atau setengah bagian dari satu biji alpukat.

5. Jambu Biji
Buah yang segar dibuat jus ini juga memiliki kadar pektin cukup tinggi. Efeknya untuk mengurangi kadar kolesterol tidak terbantahkan lagi. Sementara itu, buah ini sangat kaya vitamin C dan bisa menjadi obat saat perut mengalami diare.
Di samping mengonsumsi buah-buahan ini, sebaiknya imbangi dengan berolahraga untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, sempatkan pula untuk mengonsumsi sayuran yang menyuplai serat dan mampu mendukung pengeluaran kolesterol dari tubuh.


0 Response to "Buah Ini Terbukti Ampuh Untuk Mengatasi Kolesterol"

Post a Comment