Tidak Hanya Untuk Sambal, Cabe Rawit Juga Makanan Herbal Yang Menyehatkan


Dengan kandungan capsaicin yang dimilikinya, cabe rawit memberikan rasa pedas saat dimakan. Pengaruh rasa pedas tersebut tidak hanya pada mulut, lidah dan tenggorokan, tapi juga dapat menimbulkan peradangan lokal pada selaput lendir halus, tenggorokan serta perut. Tidak hanya itu, senyawa kimia aflatoksin yang terdapat pada cabe juga bisa menjadi penyebab gangguan pada perut, usus besar, dan hati.


Namun demikian, cabe sebenarnya juga merupakan makanan herbal yang menyehatkan. Dengan mengkonsumsi cabe dalam batas yang wajar, banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam cabe rawit.
1. Meningkatkan Imunitas
Cabe dengan warnanya yang merah cerah memiliki kandungan beta karoten atau pro-vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Dalam 2 sendok teh cabe, terdapat sekitar 6% nilai harian vitamin C dan 10% nilai harian vitamin A. Tidak heran jika cabe mampu meningkatkan imunitas karena mengandung anti infeksi untuk pertahanan tubuh dari patogen bagi membran mukosa yang sehat yang dapat menjadi pelindung atau melapisi saluran hidung, saluran pencernaan, paru-paru, serta saluran kemih.

2. Atasi Diabetes
Diabetes tipe 2 timbul karena tingkat insulin yang tinggi. Hal tersebut dapat diatasi dengan menambahkan sekitar 24% cabe rawit ke dalam makanan, karena kandungan peptida yang terdapat pada cabe dapat menekan kelebihan insulin.


3. Menyehatkan Pencernaan
Meski cabe dengan rasa pedasnya dapat menjadi penyebab perut mulas, namun menurut sejumlah penelitian, pedasnya cabe sebenarnya justru dapat mengatasi gangguan kronis pada pencernaan, memicu fungsi peristaltik usus, serta membunuh bakteri yang menjadi penyebab tukak lambung. Hal tersebut disebabkan karena cabe mengandung kapsikin yang dapat merangsang mikroorganisme yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi bagi sumber metabolisme.

4. Turunkan Berat Badan
Cabe rawit dapat menurunkan berat badan karena kandungan capsaicin dan dihydrocapsiate dapat meningkatkan pengeluaran energi hingga beberapa jam lamanya setelah mengkonsumsi cabe. Dampaknya, perut akan terasa kenyang sehingga asupan kalori secara keseluruhan dapat terkurangi.
Itulah beberapa manfaat dari pedasnya cabe. Tapi ingat, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan!


0 Response to "Tidak Hanya Untuk Sambal, Cabe Rawit Juga Makanan Herbal Yang Menyehatkan"

Post a Comment