Cara Membuat Masker Alami Untuk Merawat Wajah Secara Mudah


Produk masker untuk perawatan wajah, saat ini dapat dengan mudah ditemui di toko-toko kosmetik, super market, mall serta tempat-tempat perbelanjaan yang lain. Selain harganya relatif murah, kita juga dapat memilih produk masker yang sesuai dengan jenis kulit. Artinya, bukan hal yang sulit untuk melakukan perawatan wajah secara rutin.


Namun, banyak orang yang lebih suka menggunakan produk alami buatan sendiri dibandingkan produk olahan pabrik. Alasannya berbagai macam, ada yang memandang produk buatan sendiri khasiatnya lebih cepat dirasakan, tidak memiliki efek negatif pada kulit wajah karena tidak mengandung bahan-bahan kimia, dan yang pasti lebih murah.
Bagi Anda yang lebih suka menggunakan masker buatan sendiri untuk merawat wajah, berikut beberapa bahan alami untuk membuat masker berikut cara pembuatan nya
Masker Bengkoang
Perawatan wajah dengan masker buatan sendiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan bengkoang, karena jenis umbi-umbian ini mengandung banyak vitamin B1 dan C, yang dapat mencerahkan sekaligus memutihkan kulit. Dengan harga yang murah, mudah didapat di pasar, tanpa efek samping dan sudah terbukti khasiatnya, membuat bengkoang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif perawatan wajah.
Untuk membuat masker dari bengkoang, siapkan dua buah bengkoang berukuran sedang atau satu buah berukuran besar. Kupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Haluskan dengan cara diblender atau diparut. Peras dan saring untuk diambil sarinya. Kemudian biarkan selama beberapa jam hingga terlihat adanya endapan pada bagian dasar wadah.
Gunakan sari bengkoang dalam bentuk endapan tersebut untuk masker dengan cara mengoleskannya pada bagian wajah. Diamkan sejenak sekitar 15 – 20 menit atau sampai masker bengkoang tersebut mengering. Bilas sampai bersih dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan menggunakan handuk atau kain halus. Hasil yang signifikan akan diperoleh dengan perawatan rutin seminggu dua kali.

Masker Lidah Buaya
Kandungan aloesin pada lidah buaya, membuat tumbuhan yang lebih dikenal untuk perawatan rambut ini juga dapat digunakan untuk masker perawatan wajah buatan sendiri. Sebab aloesin adalah zat yang memiliki kemampuan untuk menghambat terbentuknya melanin yang menjadi penyebab kulit menjadi kusam dan gelap.
Pembuatan masker lidah buaya dilakukan dengan mengupas kulit lidah buaya untuk diambil gelnya, dan mengoleskan gel tersebut secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan sekitar 15 – 20 menit, atau sampai gel tersebut kering, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Hasil yang maksimal akan dapat dirasakan jika dilakukan secara rutin setiap hari selama sebulan.


Masker Pepaya
Banyak kandungan nutrisi pada buah papaya yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, C dan E yang dapat menutrisi sekaligus melembabkan kulit, dan berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit, serta enzim papain yang dapat meregenerasi sel-sel kulit. Dengan kandungan nutrisi yang ada tersebut, papaya dapat digunakan sebagai masker buatan sendiri untuk perawatan wajah.
Cara pembuatannya adalah dengan mengupas dan membersihkan kulitnya serta memotongnya menjadi beberapa bagian. Haluskan potongan papaya tersebut dan oleskan ke seluruh bagian wajah secara merata. Biarkan selama seperempat jam dan bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan secara rutin 2 – 3 kali seminggu.

Masker Lemon
Lemon selain mengandung vitamin C dan alpha hidroksi alam yang dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kulit kusam, juga merupakan agen bleaching alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Karena itu masker untuk perawatan wajah buatan sendiri, dapat memanfaatkan buah lemon.
Cara pemanfaatannya sangat mudah dan sederhana, tinggal memeras buah lemon dan menempatkan airnya pada sebuah wadah. Ambil kapas dan celupkan pada air lemon, lalu usapkan secara merata pada seluruh permukaan wajah. Biarkan sampai mengering atau sekitar 15 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Hentikan untuk sementara waktu penggunaan masker lemon ini jika ada bagian wajah yang teriritasi atau terluka.

Masker Kulit Jeruk
Bukan hanya buahnya, kulit jeruk juga mengandung banyak vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada kulit jeruk jauh lebih banyak dibanding buahnya. Itu sebabnnya masker buatan sendiri untuk merawat wajah dapat memanfaatkan kulit jeruk yang selama ini cenderung dibuang. Dengan kandungan vitamin C yang berlimpah tersebut, masker kulit jeruk dapat menangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan kulit, sekaligus sebagai agen bleaching untuk menghilangkan kekusaman kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung.
Untuk membuat masker kulit jeruk dapat dilakukan dengan mengeringkan kulit jeruk dengan menjemurnya di bawah teruk matahari selama beberapa hari. Kulit jeruk yang sudah benar-benar kering tersebut selanjutnya dihaluskan hingga menjadi bubuk. Campur bubuk kulit jeruk dengan air sampai membentuk pasta. Gunakan pasta sebagai masker dengan mengoleskannya pada seluruh bagian wajah. Biarkan sampai kering atau sekitar 15 – 20 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan dengan masker kulit jeruk secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Masker Beras
Menggunakan beras sebagai masker perawatan wajah buatan sendiri tentunya sudah tidak asing lagi karena masker tradisional ini merupakan salah satu warisan budaya yang masih banyak dipakai oleh kaum wanita hingga saat ini. Banyaknya remaja putri dan ibu-ibu yang masih memanfaatkan masker beras untuk perawatan wajah disebabkan karena masker beras memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat wajah menjadi bersih berseri-seri, serta kandungan nutrisinya yang dapat memutihkan kulit wajah.
Pemanfaatan beras untuk masker dilakukan dengan merendam satu genggam beras ke dalam air selama 2 – 3 jam, dan menumbuknya hingga halus. Gunakan tumbukan beras tersebut sebagai masker dengan mengoleskannya pada seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan untuk beberapa saat lamanya, hingga masker beras mengering. Bilas dengan menggunakan air dan keringkan wajah dengan handuk atau kain halus. Lakukan perawatan dua kali dalam seminggu secara rutin.

Masker Susu
Susu dikenal memiliki berjuta manfaat, termasuk manfaat untuk kecantikan. Lewat kandungan vitamin B6 yang dimilikinya, susu dapat menjaga dan memelihara kulit wajah agar senantiasa lembab dan sehat. Sementara kandungan vitamin D yang juga melimpah, bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen serta mencegah penuaan dini dengan menyamarkan kerutan pada kulit wajah.
Menggunakan susu sebagai masker untuk merawat wajah buatan sendiri dilakukan dengan menyiapkan 2 sendok makan susu ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk hingga tercampur rata. Usapkan masker tersebut pada seluruh bagian wajah, biarkan sampai kering, dan bilas dengan handuk atau kain halus yang telah dibasahi dengan air. Dengan perawatan rutin sehari sekali, dalam waktu satu bulan, kulit wajah Anda akan terlihat bersih dan berseri.


0 Response to "Cara Membuat Masker Alami Untuk Merawat Wajah Secara Mudah"

Post a Comment