Begini Cara Menimbang Berat Badan Yang Benar


Mungkin sebagian orang agak sensitif dengan aktivitas menimbang badan. Terutama bagi wanita, menimbang berat sendiri kadang dihantui oleh bisikan sejauhmana badannya telah melar dan beranjak gemuk.
Sebenarnya aktivitas ringan ini sangat berguna sekali sebagai peringatan dini. Pasalnya, tubuh memiliki berat badan ideal yang sebaiknya ditaati agar tubuh tidak muncul risiko kesehatan.


Saat ini orang dengan berat badan berlebih seperti kena cela. Jika ditengok dari sisi kesehatan, berat badan di atas ambang wajar (obesitas) diketahui menjadi pemicu hadirnya banyak penyakit. Paling memungkinkan yaitu tingginya kadar kolesterol dan hipertensi.
Lemak tubuh sebagian menjadi plak dalam pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Sementara itu, tekanan darah ikut naik. Orang yang memiliki masalah obesitas biasanya tidak lepas dari masalah kardiovaskular seperti ini. Padahal kolesterol tinggi dan hipertensi menjadi pencetus serangan jantung koroner dan stroke.
Sebenarnya masih banyak risiko kesehatan lainnya. Misalnya munculnya diabetes, osteroarthritis, dan sebagainya. Oleh karena itu, kontrol berat badan dengan selalu menimbang berat badan dengan rutin. Lakukan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko kesehatan tersebut.
Namun dalam menimbang berat badan, ada aturan yang mesti diperhatikan agar pembacaan angkanya benar. Berikut ini langkah-langkah menimbang berat badan yang benar.
1. Jika Anda menimbang badan secara rutin, tempatkan timbangan pada tempat yang sama saat mengukur
Pasalnya setiap tempat memiliki tekanan udara, kelembaban, sampai gaya gravitasi yang berlainan. Ini mempengaruhi pengukuran.

2. Pakai timbangan yang sama setiap kali menimbang
Setiap timbangan memiliki ketepatan yang berbeda. Sebab, pada setiap timbangan punya masa kalibrasi berlainan. Untuk membuktikannya hal ini, Anda bisa menimbang dengan dua alat yang berbeda. Biasanya akan ada sedikt selisih. Jadi, jangan ganti timbangan saat mengukur berat badan.


3. Mengukur berat badan di waktu yang sama
Jika sebelumnya Anda mengukur pada siang hari, maka sebaiknya pengukuran selanjutnya juga pada waktu yang sama. Sementara itu, waktu yang tepat untuk menimbang adala pagi hari setelah bangun pagi. Dan, penimbangan secara rutin ada baiknya dikerjakan satu minggu sekali.

4. Mengenakan baju yang sama
Berat badan juga dipengaruji oleh pakaian yang dipakai. Sehingga, bila melakukan pengukuran berat badan secara rutin, selalu gunakan pakaian dengan jenis yang sama. Misalnya kaos dalam dengan celana boxer. Dengan cara ini Anda akan melihat berat riil dengan lebih tepat.

5. Hindari bergerak terlalu sering
Begitu naik di atas timbangan, usahakan tidak banyak goyang. Pembacaan jarum sangat dipengaruhi oleh goyangan badan. Ambil sikap tenang sembari membaca jarum timbangan.

6. Mencatat hasil pengukuran secara kontinyu
Bagi yang sedang menjalankan diet, hal ini sangat penting. Membandingkan hasil penimbangan minggu lalu dengan sekarang, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan terhadap rencana diet selanjutnya.


0 Response to "Begini Cara Menimbang Berat Badan Yang Benar"

Post a Comment