Cara Sederhana Bikin Tubuh Bugar


Bila Anda memiliki pekerjaan yang sangat padat setiap harinya, jangan remehkan kebugaran tubuh. Pasalnya, tubuh mesti bisa menopang hingga semua pekerjaan terselesaikan. Itu semua tidak mudah jika sejak dini kurang membiasakan tubuh untuk terlibat aktivitas berat.
Saat energi turun drastis di tengah hari, otomatis melakukan pekerjaan yang belum selesai akan terasa berat, malas, dan bahkan menimbulkan efek tidak enak badan akibat kelelahan. Oleh sebab itu, tubuh mesti disuplai dengan energi yang mencukupi.


Selain itu, pikiran harus bisa dioptimalkan agar tidak sampai mengalami stres atau menurun kemampuan kognitifnya. Saat energi tercukupi dan pikiran tetap segar, membuat pekerjaan lebih mudah dituntaskan.
Bila Anda adalah salah satu orang yang senantiasa terjebak rutinitas harian yang banyak, berikut ini beberapa cara untuk menjaga tubuh agar tetap bugar sepanjang hari.
1. Bangkit dari tempat duduk dan lakukan peregangan
Seringkali saat sudah asik mengerjakan tugas, seseorang sampai lupa berdiri. Padahal peregangan dan menggerakkan badan itu penting. Anda terhindar dari kekakuan otot dan sekaligus menyegarkan tubuh. Setiap beberapa jam sekali, lakukan peragangan atau jalan-jalan sebentar. Ini membuat keadaan tubuh lebih baik.

2. Menyukupi waktu tidur
Seberapa pun sibuknya Anda, jangan lewatkan untuk tidur malam. Usai kerja seharian mungkin mendorong Anda untuk melihat teve sampai larut malam. Daripada seperti itu, sebaiknya matikan teve dan segeralah menutup mata agar bugar keesokan hari.


3. Jangan lewatkan makan pagi
Makan pagi atau sarapan memberikan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas di siang hari. Jika Anda melewatkannya, dimungkinkan jelang tengah hari tubuh sudah merasa lemas. Selain itu, Anda akan melampiaskan rasa lapar pada saat makan siang dengan mengambil porsi cukup banyak. Akibatnya, banyaknya karbohidrat ini membuat mata mudah mengantuk. Pikiran juga tidak bisa diajak berkonsentrasi. Maka, menyempatkan sarapan sekitar 15-20 menit sebelum sarapan menjadi bekal energi yang baik untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

4. Ambil makanan camilan di antara waktu sarapan dan makan siang, serta sore hari
Camilan berfungsi untuk memberikan energi tambahan yang mungkin banyak hilang sebelum mengahadapi makan besar. Usai makan, perut akan kosong dalam waktu 4-5 jam. Oleh sebab itu dapat terjadi penurunan energi yang signifikan pada keadaan perut tidak ada isinya. Camilan dapat mengganjal perut sekaligus mengantisipasi untuk tidak mengambil porsi makan berlebihan pada sesi makan berat berikutnya.

5. Usahakan selalu minum air putih
Tubuh memerlukan air untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah menjaga otak agar selalu bisa diajak konsentrasi. Dehidrasi membuat tubuh mudah lelah dan otak menjadi berkurang pasokan makananya. Di saat inilah antara tubuh dan otak sama-sama mengalami penurunan kerja yang mungkin menghambat pekerjaan Anda. Pada waktu berangkat kerja, jangan lupa bawa botol air minum agar Anda bisa minum tanpa meninggalkan tempat bertugas.

6. Melakukan aktivitas yang berbeda dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain
Contohnya pagi hari Anda konsen untuk menyelesaikan tugas A. Begitu selesai, Anda lakukan tugas B. Dengan membuat variasi seperti ini, Anda tidak akan mudah bosan.


0 Response to "Cara Sederhana Bikin Tubuh Bugar"

Post a Comment