Khasiat Daun Sirih Untuk Menghaluskan Wajah Dan Mengobati Jerawat


Manfaat daun sirih untuk wajah dan jerawat, perlu diketahui oleh mereka yang selalu ingin tampil dengan sempurna. Sebab penggunaan bahan alami untuk perawatan wajah dan untuk mengatasi problem jerawat, jauh lebih aman dan tanpa efek samping dengan tanpa mengurangi khasiat yang menyertainya. Lebih dari itu, penggunaan bahan alami juga relatif murah dibandingkan produk-produk kosmetik buatan pabrik.


Manfaat daun sirih untuk wajah dan jerawat disebabkan karena kandungan sejumlah senyawa yang berkhasiat mengatasi berbagai problem kecantikan wajah, seperti jerawat, flek hitam, kulit kusam, pengeriputan, tanda-tanda penuaan, serta yang lainnya. Senyawa yang bermanfaat untuk perawatan kulit wajah tersebut antara lain: antioksidan, flovanoid, eugenol, antiseptik, antibakteri, dan senyawa yang lain.

Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk menghaluskan wajah dan mengobati jerawat :

1. Perawatan Wajah
Zat antioksidan yang terdapat pada daun sirih dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari, serta memberi perlindungan terhadap berbagai macam radiasi yang terbawa oleh polusi serta bahan makanan, sehingga sel-sel kulit wajah senantiasa terjaga. Selain itu, daun sirih juga mengandung flovanoid yang efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit wajah menjadi kasar dan kusam, serta membantu proses pembentukan sel-sel baru untuk mengembalikan kulit wajah menjadi halus dan cerah.


Itu sebabnya daun sirih bermanfaat untuk mengatasi masalah keriput, mengencangkan kembali kulit wajah, menghaluskan kulit wajah yang kasar dan kusam, bahkan mengatasi kulit wajah yang berminyak. Caranya dengan menumbuk halus 5 lembar daun sirih serta menambahkan 1 sendok teh madu asli. Campuran kedua bahan tersebut kemudian dioleskan ke seluruh bagian kulit wajah hingga ke leher dan didiamkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu basuh muka dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Perawatan ini sebaiknya dilakukan seminggu dua kali, dan jika rutin melakukannya, dalam tempo 1 bulan hasilnya sudah bisa dirasakan.

2. Mengobati Jerawat
Daun sirih berkhasiat untuk mengobati jerawat karena mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mengandung zat antibakteri yang dapat mengganggu metabolisme mikroba merugikan yang memicu pertumbuhan jerawat, serta mengandung zat eugenol yang bersifat antifungal atau antijamur untuk menghambat pertumbuhan sel tunas penyebab jerawat.
Untuk mencegah dan mengobati jerawat caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirih bersama 1 liter air dan menambahkan 2 sendok garam ke dalam air rebusan. Setelah mendidih, angkat dari atas kompor dan biarkan sejenak hingga suhu air menjadi hangat. Selanjutnya, basuh seluruh bagian wajah dengan menggunakan air rebusan daun sirih, dan lakukan secara rutin setiap malam sebelum berangkat tidur. Dalam tempo beberapa hari, jerawat akan kempis dan mengering.
Demikian manfaat daun sirih untuk wajah dan jerawat yang akan membantu menyempurnakan penampilan Anda.


2 Responses to "Khasiat Daun Sirih Untuk Menghaluskan Wajah Dan Mengobati Jerawat"