Dilarang Buang Air Bekas Cucian Beras Karena Banyak Manfaatnya


Menanak nasi, merupakan aktifitas rutin yang dilakukan ibu-ibu. Proses menanak nasi tersebut, sebagaimana diketahui bersama dilakukan dengan terlebih dahulu mencuci beras sebelum akhirnya ditanak.


Air sehabis digunakan untuk mencuci beras pada umumnya akan dibuang begitu saja, karena tidak tahu kegunaannya. Padahal, air bekas cucian beras yang berwarna putih keruh tersebut memiliki banyak manfaat. 

Inilah beberapa khasiat dari air bekas cucian beras :
1. Pengganti Susu
Bagi masyarakat dengan ekonomi lemah yang kesulitan untuk membeli susu buat putra-putri mereka, bisa memanfaatkan air cucian beras sebagai alternatif pengganti susu. Tentunya kandungan gizinya tidak selengkap susu, namun ada sebagian nutrisi yang dimiliki susu bisa dipenuhi oleh air bekas cucian beras ini. Caranya dengan merebus air bekas cucian beras ini sehingga menjadi kental yang oleh orang Jawa biasa disebut tajin.

2. Merawat kulit wajah
Untuk membuat kulit wajah senantiasa terlihat bersih dan cerah, tidak perlu harus melalui perawatan khusus yang membutuhkan biaya. Disaat masih belum mengenal kosmetik, kaum perempuan di Indonesia memanfaatkan air bekas cucian beras untuk perawatan kulit wajah mereka. Caranya dengan menggunakan air tersebut untuk mencuci wajah secara rutin setiap hari.


3. Melembutkan Kulit Tubuh
Jika kulit wajah saja bisa dibuat lembut oleh air bekas cucian beras, apalagi dengan kulit tubuh. Untuk itu, bagi mereka yang memiliki kulit kusam dan bersisik, disarankan untuk secara rutin mandi dengan air bekas cucian beras, sebelum membilasnya dengan sabun dan air. Manfaat dari air cucian beras dalam menjaga dan merawat kulit ini disebabkan karena air tersebut mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, seperti: selulosa, protein glutein, gula, gemiselulosa, serta beberapa jenis vitamin.

4. Perawatan Rambut
Rambut yang rontok dan rusak dapat diatasi dengan berkeramas secara rutin menggunakan air bekas cucian beras. Setelah menggunakan air tersebut untuk keramas, biarkan selama 5 – 10 menit sebelum membilasnya dengan shampoo dan air.

5. Menghilangkan Bekas Jerawat
Air bekas cucian beras sangat ampuh untuk mencegah jerawat karena air tersebut dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah. Namun jika jerawat sudah terlanjur menyerang akibat tidak pernah melakukan perawatan terhadap kulit wajah, air beras juga dapat mengatasinya untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Caranya dengan mengendapkan air bekas cucian beras tersebut, mengambil bagian yang berwarna putih menyerupai tepung, dan menggunakannya sebagai masker.


0 Response to "Dilarang Buang Air Bekas Cucian Beras Karena Banyak Manfaatnya"

Post a Comment