Fakta Kandungan Kimia Daun Sirsak Yang Membuatnya Ampuh Untuk Pengobatan


Pemanfaatan daun sirsak untuk pengobatan herbal kini semakin banyak dilakukan, karena semakin banyak orang yang tahu bahwa tanaman ini memiliki berjuta manfaat untuk penyembuhan dan menjaga kesehatan tubuh.
Namun demikian, pengetahuan tentang besarnya manfaat dari tumbuhan yang memiliki nama latin Annona Muricata L ini masih belum disertai dengan pengetahuan yang mendasar, yakni tentang kandungan kimia daun sirsak yang membuatnya memiliki fungsi pengobatan.


Banyaknya manfaat yang terkandung pada daun sirsak disebabkan karena kompleksnya nutrisi dan kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan ini.
Berbagai jenis nutrisi dan kandungan kimia itulah yang menstimulan organ-organ tubuh untuk bekerja secara maksimal dalam membuat benteng pertahanan terhadap tubuh dari serangan virus, bakteri, serta unsur-unsur lainnya yang memberi pengaruh buruk pada tubuh.
Selain itu, juga menetralisir unsur-unsur asing yang terlanjur masuk ke dalam tubuh, bahkan memusnahkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh unsur asing tersebut.


Diantara berbagai macam kandungan kimia daun sirsak, yang memiliki manfaat besar bagi tubuh adalah Annonaceous Acetogenins. Senyawa dengan potensi sitotoksik ini memiliki sifat toksik yang dapat menghambat serta menghentikan sel kanker.
Di dalam Annonaceous Acetogenins terkandung 60 jenis senyawa alkaloida yang sangat ampuh untuk membunuh sel-sel kanker. Kemampuannya yang luar biasa tersebut bahkan melebihi kemampuan dari obat kemoterapi modern seperti Vinblastin, Adriamicyn, dan Vincristin, karena sel-sel kanker yang kebal terhadap multi drug resistence (MDR) tersebut dapat dibasmi oleh Annonaceous Acetogenins yang terdapat pada daun sirsak.
Kinerja dari Annonaceous Acetogenins dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker masih disuport oleh senyawa kimia alami lainnya, yakni flavonoid. Flavonoid sendiri adalah senyawa golongan fenolik yang memiliki fungsi kompleks, seperti antoksidan, pelindung struktur sel, antibiotik, pencegah pengeroposan tulang, meningkatkan efektivitas vitamin C, serta antiinflamantasi.
Daun sirsak juga mengandung tanin, yakni astrigen polifenol yang memiliki rasa pahit yang dapat mengikat dan mengendapkan protein serta memiliki sifat antibakteri. Tanin bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit, menghentikan pendarahan (hemostatik), mengobati diare, serta wasir.
Selain ketiga senyawa di atas, masih banyak kandungan kimia daun sirsak lainnya yang juga memiliki fungsi untuk pengobatan, diantaranya adalah: annocatalin, annomuricin, annocatacin, anonol, annohexocin, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, gentisic acid caclourine, dan beberapa kandugan kimia alami lainnya.


0 Response to "Fakta Kandungan Kimia Daun Sirsak Yang Membuatnya Ampuh Untuk Pengobatan"

Post a Comment