Inilah Kandungan Nutrisi Pada Pisang Yang Membuat Ibu Hamil Wajib Mengkonsumsi Buah ini


Bukan tanpa alasan jika National Institutes of Health merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang 3 - 4 buah sehari, sebab manfaat pisang untuk ibu hamil memang sangat besar.
Nutrisi yang terdapat pada pisang tidak hanya dibutuhkan oleh ibu tapi juga dibutuhkan oleh janin yang ada dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi pisang setiap hari, berbagai jenis persoalan yang menyertai kehamilan akan dapat diminimalisir bahkan dapat dicegah, disebabkan karena kandungan nutrisi yang dimilikinya.



Beberapa kandungan nutrisi serta fungsinya yang membuat pisang bermanfaat untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

1. Serat
Manfaat pisang untuk ibu hamil karena kandungan seratnya yang tinggi yakni 6 gram pada setiap buah pisang. Dengan serat tersebut pisang efektif untuk mencegah perut kembung dan melancarkan buang air besar. Fungsi serat tersebut masih didukung oleh antacid dan pectin pada pisang yang berfungi untuk menekan sekresi asam dan menormalkan mortilitas usus, sehingga rasa mulas dan gangguan pencernaan yang kerap muncul selama masa kehamilan dapat di cegah. Mencegah munculnya rasa mulas dan gangguan pencernaan ini perlu dilakukan karena dapat menyebabkan janin mengalami tekanan pada perut.


2. Zat Besi
Zat besi yang terdapat pada setiap 225 gram pisang sebesar 3%, sehingga manfaat pisang untuk ibu hamil lewat zat besi yang dikandungnya dapat mencegah anemia, karena zat besi tersebut menghasilkan hemoglobin. Anemia kerap menyerang ibu hamil,dan penyakit ini harus dicegah karena bisa menyebabkan komplikasi selama tri semester akhir kehamilan serta pada saat melahirkan.

3. Asam Folat
Asam folat yang terdapat pada buah pisang dapat mencegah defisiensi asam folat yang dampaknya bisa membuat bayi lahir secara prematur dan bayi terlahir dalam keadaan cacat. Asam folat sendiri berfungsi dalam merangsang perkembangan syaraf, otak, serta sumsum tulang belakang.

4. Vitamin B6
Kebutuhan ibu hamil terhadap Vitamin B6 setiap harinya sebesar 1,9 miligram. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi cukup dengan hanya mengkonsumsi pisang satu buah, karena dalam satu buah pisang berukuran sedang terkandung Vitamin B6 sebanyak 4 miligram. Ibu hamil sangat membutuhkan Vitamin B6, karena Vitamin yang larut dalam air ini dapat merangsang perkembangan sel-sel yang membangun sistem syaraf pusat pada janin.
Selain keempat nutrisi tersebut, masih ada sejumlah nutrisi lainnya yang membuat manfaat pisang untuk ibu hamil semakin besar, diantaranya adalah: protein, kalsium, kalium, karbohidrat, mineral, Vitamin C, serta sejumlah zat gula alami, seperti glukosa, fruktosa, serta sukrosa.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Inilah Kandungan Nutrisi Pada Pisang Yang Membuat Ibu Hamil Wajib Mengkonsumsi Buah ini"

Post a Comment