Tak Disangka! Ternyata Kebiasaan Inilah Menjadi Penyebab Bibir Hitam

Ada kecenderungan, setiap melihat seseorang yang mempunyai bibir hitam, biasanya langsung menduga kalau orang tersebut seorang perokok berat. Padahal, penyebab bibir hitam bukan hanya karena kebiasaan merokok semata.
Banyak faktor yang dapat membuat bibir menjadi atau terlihat hitam, yang biasanya akibat kebiasaan yang buruk. Apalagi bibir yang terlihat hitam biasanya membuat kurang percaya diri, karena dianggap mengurangi penampilan.


Lantas, apa saja penyebab dari perubahan warna bibir menjadi lebih hitam dan gelap meskipun tidak mempunyai kebiasaan merokok? 

Berikut adalah 6 Faktor Penyebab bibir menjadi terlihat hitam, yaitu:

1. Alkohol
Satu kebiasaan yang dapat membuat bibir menjadi lebih gelap adalah minum alkohol. Alasannya, zat asam yang terkandung di dalam alkohol. Selain itu, terlalu banyak minum alkohol bisa mengakibatkan dehidrasi. Dan salah satu dampak dehirasi adalah membuat bibir pecah-pecah yang kemudian mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.


2. Kafein
Sering mengkonsumsi kafein juga penyebab bibir hitam. Alasannya, kafein merupakan zat diuretik yang dapat membuat sering buang air kecil. Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan dehidrasi, karena cairan terus keluar melalui urin.

3. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi juga bisa menjadi penyebab bibir hitam. Hiperpigmentasi adalah kondisi melanin di dalam tubuh terlalu banyak, sehingga mempengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir. Biasanya, melanin terbentuk akibat terlalu sering terkena sinar matahari.

4. Anemia
Penyakit anemia juga bisa menjadi penyebab bibir hitam. Alasannya, kondisi ini disebabkan karena kekurangan hemoglobin, zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat tersebut yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir bisa menghitam.

5. Kosmetik Kadaluwarsa
Kosmetik yang dimaksud adalah lipstik, yang sering dianggap sebagai penyempurna penampilan wanita. Namun lipstik yang digunakan setiap hari justru bisa menjadi penyebab bibir hitam. Karena ada kemungkinan lipstik itu sudah kadaluwarsa. Lipstik yang sudah jelek kualitasnya dapat mempengaruhi kesehatan bibir, salah satunya mengakibatkan bibir menjadi hitam.

6. Keracunan
Ini yang paling sering terjadi, yaitu bibir akan hitam apabila mengalami keracunan. Racun yang bisa menjadi penyebab yaitu: merkuri, perak, tembaga, alkali kuat, dan berbagai jenis logam yang berbahaya lainnya.

Itulah Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Bibir Hitam, ayo segera rubah kebiasaan hidup Anda.

0 Response to "Tak Disangka! Ternyata Kebiasaan Inilah Menjadi Penyebab Bibir Hitam"

Post a Comment