Inilah Khasiat Daun Binahong Dan Efek Sampingnya Yang Perlu Anda Ketahui


Binahong (Bassela rubra linn) adalah sejenis tanaman menjalar yang memiliki panjang hingga 5 meter. Batangnya yang lunak memiliki permukaan halus berwarna merah dengan bentuk silinderis dan saling membelit. Tanaman ini banyak tumbuh liar di pekarangan, yang terkadang juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias.
Selain berfungsi sebagai tanaman hias, binahong juga dikenal sebagai tumbuhan herbal yang memiliki nilai farmakologis sebagai bahan obat-obatan. beberapa jenis kandungan kimia alami yang terdapat pada tanaman ini adalah antioksidan dengan kemampuan antivirus yang sangat tinggi, Saponin, Polifenol, Alkaloid, Minyak Atsiri, dan Asam Oleanolik.


Saponin merupakan senyawa aktif permukaan yang mengandung glikosida triterpena dan sterol yang dapat membentuk busa serta menghemolisis sel darah. Polifenol adalah berbagai macam senyawa fenol yangt berikatan dengan gula an mudah larut dalam air. Alkaloid adalah senyawa basa yang memiliki kandungan satu atau lebih atom nitrogen dan kerap dimanfaatkan dalam bidang pengobatan.
Minyak atsiri adalah minyak eteris yang mudah menguap yang terbangun dari berbagai campuran senyawa kimia, seperti Hidrogen (H), Carbon (C), Oksigen (O), Belerang (S) dan Nitrogen (N). Minyak atsiri sering kali dimanfaatkan sebagai bahan pembuat antiseptik, bahan analgesik, enzimatik atau hemolitik, stimulan, sedatif, hingga bahan pewangi untuk pembuatan sabun dan kosmetik.


Sedang senyawa kimia alami lainnya yang terkandung pada binahong adalah Asam Oleanolik yang merupakan antioksidan dengan kemampuan untuk mencegah serangan racun ke dalam sel dan membantu sistem pertahanan sel. Asam Oleanolik juga berfungsi sebagai toksin yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri.
Cukup dengan melihat kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada daun binahong, siapapun akan meyakini betapa dahsyatnya manfaat dari daun binahong sebagai bahan obat-obatan. Tidak heran jika daun binahong kini banyak dimanfaatkan sebagai herbal untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Manfaat dari daun binahong sebagai sarana pengobatan diantaranya adalah: sebagai obat luka bakar, obat wasir/ambeien. mengobati darah rendah, menyembuhkan gusi berdarah, melancarkan haid, obat kencing manis, menjaga stamina, obat batuk, obat sakit magh, dan berbagai manfaat lainnya.
Namun demikian, binahong juga memiliki efek samping sebagaimana yang terdapat pada tanaman herbal lainnya, yakni munculnya perasaan gelisah, pusing dan sakit kepala, insomnia, serta detak jantung yang tidak teratur. Itu sebabnya, setelah mengkonsumsi binahong disarankan untuk tidak mengkonsumsi stimulan lainnya seperti kafein, agar efek samping yang ditimbulkan tidak bertambah parah.
Binahong juga terlarang bagi ibu hamil dan menyusui serta tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan kimia yang diproduksi oleh pabrik.
Semoga Bermanfaat.


0 Response to "Inilah Khasiat Daun Binahong Dan Efek Sampingnya Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment