Khasiat Madu Untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda


Sebelum manusia mengenal kosmetik, para wanita jaman dahulu menggunakan madu sebagai salah satu sarana untuk merawat kecantikan wajah. Itu sebabnya, meski tanpa melalui uji klinis, manfaat madu untuk kecantikan wajah sudah tidak perlu diragukan


Beberapa dari manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah, diantaranya adalah:
1. Pembersih Wajah
Paparan debu dan polusi udara adalah risiko yang harus dihadapi oleh mereka yang banyak beraktifitas di luar ruangan. Debu dan berbagai partikel yang menempel pada kulit wajah tersebut dapat menjadi persoalan, diantaranya menjadi penyebab timbulnya jerawat, jika tidak segera dibersihkan. Madu sangat baik untuk membersihkan wajah yang terpapar debu dan polusi udara karena mengandung antioksidan dan antimikroba yang dapat menetralisir berbagai jenis toksin yang menempel pada kulit wajah. Sebagai pembersih wajah, madu dapat dicampur dengan putih telur dan gliserin dengan takaran masing-masing 1 sendok teh, dan diaduk hingga tercampur secara merata. Gunakan campuran ketiga bahan tersebut untuk membersihkan wajah dengan cara mengoleskannya pada seluruh peermukaan wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuh dengan air hangat.

2. Pelembab Kulit Wajah
Salah satu dari manfaat madu untuk kecantikan wajah adalah sebagai pelembab kulit. Sehingga bagi mereka yang memiliki kulit wajah yang kering dan kusam dapat mengatasinya dengan membuat masker berbahan madu dan susu yang dicampur merata dengan takaran yang sama, yakni 2 sendok teh. Jika perawatan wajah dengan menggunakan masker dari madu dan susu tersebut dilakukan secara rutin, maka wajah akan senantiasa terlihat bersih dan cerah.


3. Obat Jerawat
Madu dapat digunakan untuk mengobati jerawat karena madu merupakan humectant atau bahan yang dapat menyerap air dari udara serta mempertahankannya untuk tetap berada pada lapisan kulit. Dengan fungsi tersebut madu dapat membuat kulit senantiasa lembab sehingga terhindar dari iritasi. Selain itu, sifat antibakteri yang terdapat pada madu, membuatnya membantu melindungi kulit, menghidrasi kulit, serta menjaga kulit yang sensitif. Itu sebabnya madu bermanfaat untuk mengatasi jerawat.
Untuk mengatasi jerawat, madu dapat dicampur dengan air jeruk nipis dan air teh hangat, masing-masing sebanyak 1 sendok teh, dan mengoleskan campuran ketiga bahan tersebut pada bagian wajah yang terserang jerawat.
Selain ketiga manfaat tersebut, madu juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah serta mencegah pengeriputan atau penuaan dini.


0 Response to "Khasiat Madu Untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda"

Post a Comment