Sejumlah Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan


Meski merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah berabad-abad lamanya digunakan sebagai obat oleh berbagai bangsa di seluruh dunia, namun manfaat daun Afrika untuk kesehatan kurang begitu dikenal di Indonesia.
Berbeda halnya dengan di Singapura, Malaysia, serta China yang menyebut tanaman ini dengan nama Nan Fei Shu. Di China, sejak dahulu kala tanaman ini bahkan digunakan para petinggi di lingkungan kekaisaran untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Kurang begitu populernya daun Afrika, salah satu penyebabnya adalah karena hingga kini belum ada satupun penelitian akademis yang dilakukan di Indonesia terhadap tanaman herbal yang satu ini.
Padahal, sebagai sarana pengobatan, banyak sekali khasiat yang bisa diperoleh dari daun Afrika seperti mengobati infeksi kerongkongan, reumatik, sakit kepala, pusing, demam, susah tidur, menguatkan fungsi lambung, melancarkan buang air seni, menghilangkan dahak, dan penyakit lainnya.
Berbeda dengan di Indonesia, manfaat daun Afrika untuk kesehatan, di China diteliti dengan menggebu-gebu oleh para ahli, bahkan mensosialisasikannya meski daun Afrika bukan merupakan tanaman asli yang tumbuh di daratan Tiongkok.


Begitu juga dengan di negara-negara maju lainnya, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Jerman yang telah melakukan berbagai macam riset ilmiah hingga pada level uji klinis, dengan menghasilkan sekian banyak jurnal ilmiah yang memaparkan serangkaian laporan kajian biomedik terhadap tumbuhan yang berasal dari daratan Afrika bagian tropika ini.
Diantara laporan hasil penelitian tersebut, pada Journal of Food Chemistry, peneliti menyebutkan bahwa daun Afrika mengandung antioksidan yang kuat dalam membantu menetralisir berbagai macam penyakit serta sangat baik untuk dimasukkan ke dalam daftar menu diet, karena dapat mempercepat metabolisme untuk mengurangi berat badan.
Kemudian pada Journal of Vascular Health and Risk Management, disebutkan bahwa ekstrak daun Afrika berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sampai dengan 50% serta meningkatkan kandungan kolesterol baik (HDL).
Dengan manfaat tersebut, daun Afrika dapat dipakai untuk mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit stroke, Alzheimer, serta serangan jantung.
Hasil penelitian tersebut dikuatkan oleh laporan ilmiah yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, yang menyebutkan bahwa daun Afrika memiliki kandungan asam linoleat dan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat menanggulangi penyakit kardiovaskuler dan menurunkan risiko serangan jantung sampai dengan 40%.
Dengan begitu banyaknya manfaat daun Afrika untuk kesehatan, menjadi sangat disayangkan jika di Indonesia tanaman herbal ini tidak dibudidayakan.

0 Response to "Sejumlah Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan"

Post a Comment