Manfaat Daun Pegagan Dapat Meningkatkan IQ Dan Menjaga Kesehatan

Meski sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional, manfaat daun pegagan untuk kesehatan masih banyak yang belum mengetahui.
Tanaman yang banyak tumbuh di tepi air yang tenang dengan daun berbentuk mangkok sehingga sering disebut daun mangkok ini memang tidak sepopuler buah mengkudu, daun sirsak, sirih, maupun binahong sebagai herbal. Namun manfaat yang dikandungnya sebenarnya tidak kalah dari berbagai jenis herbal yang lain.


Khasiat daun pegagan untuk pengobatan disebabkan karena tanaman ini mengandung sejumlah zat kimia alami yang memberi efek farmakologi, seperti kalsium, natrium, magnesium, carotenoids, asiaticoside, brahmoside, mineral, thankunside, madecassoside, serta zat kimia alami lainnya, termasuk senyawa glikosida triterpenoida yang berkhasiat anti-lepra (Morbus Hansen).


Berdasarkan penelitian farmakologi yang pernah dilakukan, manfaat daun pegagan untuk kesehatan memiliki efek meningkatkan perkembangan pembuluh darah, merangsang pertumbuhan kuku dan rambut, memicu pembentukan keratin, meningkatkan efek keseimbangan jaringan penghubung, meningkatkan vitalitas tubuh, dan berbagai manfaat lainnya.
Bahkan pegagan juga disebut “makanan otak” karena kandungan nutrisi yang dimilikinya dapat meningkatkan IQ, memori, kemampuan belajar, serta menanggulangi keterbelakangan mental pada anak-anak.
Manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang begitu banyak itulah yang membuatnya selama berabad-abad digunakan sebagai bahan obat untuk berbagai jenis penyakit di daratan China, India, juga di Indonesia.
Selama itu pula, daun pegagan terbukti dapat menyembuhkan penyakit lepra, sifilis, epilepsi, hepatitis, diare, asma, lambung, demam, kelelahan mental, mengobati penyakit kulit, meningkatkan fungsi kognitif, serta yang lainnya.
Selain diaplikasikan secara turun temurun lewat pengobatan tradisional, daun pegagan juga sudah banyak diteliti oleh para pakar kesehatan, dan hasilnya juga telah dipublikasikan lewat sejumlah laporan ilmiah, sebagaimana yang ditulis dalam “International Journal of Molecular Sciences”, yang menyatakan bahwa daun pegagan memiliki sifat antioksidan dan sitotoksik yang dapat membunuh sel-sel penyebab kanker.
Dalam “Indian Journal of Pharmaceutical Sciences” disebutkan bahwa daun pegagan dapat merangsang sintesis kolagen dan poliferasi sel sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.
Dengan kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit itulah, membuat manfaat daun pegagan untuk kesehatan tidak boleh diremehkan.


0 Response to "Manfaat Daun Pegagan Dapat Meningkatkan IQ Dan Menjaga Kesehatan"

Post a Comment