Perlu Diketahui Inilah Manfaat Jogging Secara Fisik Dan Psikologis


Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak perlu harus mengkonsumsi makanan dan suplemen yang mahal atau melakukan olahraga yang berat, cukup dengan melakukan jogging atau lari-lari kecil setiap hari selama 30 – 45 menit pada pagi hari atau minimal seminggu 2 kali.
Manfaat dari jogging tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara fisik, tapi juga bermanfaat secara psikologis. Lantas, apa saja manfaat dari jogging bagi fisik dan psikologis? Berikut jawabannya.



Manfaat Jogging bagi Fisik :

1. Turunkan Berat Badan
Metabolisme tubuh akan meningkat saat melakukan jogging sehingga lemak dan kalori pada tubuh akan terbakar. Tubuh yang kurang gerak dapat menyebabkan metabolisme berjalan lambat sehingga lemak mudah menumpuk dan menjadi penyebab terjadinya obesitas alias kegemukan.

2. Tingkatkan Stamina
Awali hari dengan jogging, karena aktifitas ini dapat mendongkrak stamina tubuh sehingga kemampuan dan produktifitas kerja juga mengalami peningkatan.

3. Kurangi Risiko Serangan Penyakit
Jogging dapat melatih kinerja jantung dan membantu memperlancar peredaran darah. Dengan otot jantung yang kuat dan peredaran darah yang lancar, maka risiko serangan berbagai penyakit dapat diminimalisir.

4. Memperkuat Otot dan Membuat Tulang Lebih Padat
Dengan jogging, hilangnya massa otot dan massa tulang akibat termakan usia akan dapat dicegah, karena saat berlari massa otot dan tulang dilatih sehingga otot menjadi lebih kuat dan tulang menjadi lebih padat utamanya pada bagian kaki, pinggul dan tulang belakang.


5. Meningkatkan Nafsu Makan
Kurangnya nafsu makan salah satu diantaranya disebabkan oleh tidak sempurnanya proses metabolisme. Lewat jogging, metabolisme tubuh akan bekerja dengan lebih sempurna, sehingga nafsu makanpun akan meningkat.

6. Atasi Insomnia
Insomnia atau gangguan tidur dapat diatasi dengan melakukan jogging secara rutin, karena penyebab insomnia pada umumnya karena stress, gangguan metabolisme serta pola makan yang tidak sehat. Dengan jogging, berbagai penyebab terjadinya insomnia tersebut akan dapat diatasi, sehingga tidurpun akan lebih mudah dan lebih nyenyak.

Manfaat Jogging bagi Psikologis :

1. Bangun Rasa Percaya Diri
Dengan melakukan jogging secara rutin, kondisi kesehatan tubuh akan lebih sempurna, begitu juga dengan postur dan bentuk tubuh. Kondisi kesehatan, postur dan bentuk tubuh yang sempurna tersebut secara tidak langsung akan membuat seseorang lebih percaya diri dalam menjalankan aktifitas apapun.

2. Usir Stress
Berlari sambil menghirup udara segar pada pagi hari dan menikmati pemandangan di sepanjang jalan yang dilewati, akan membuat rasa penat hilang. Apalagi pada saat jogging, tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat memberikan perasaan euforia atau rasa bahagia. Sehingga dengan jogging, stress dapat diatasi.

3. Teman dan Komunitas Baru
Saat jogging tidak menutup kemungkinan akan bertemu dengan banyak kenalan baru yang dapat diajak berbincang-bincang disela-sela aktifitas berlari. Lewat perbincangan itulah bisa jadi akan terjalin ikatan emosional untuk membentuk komuniatas baru atau bekerjasama sebagai partner bisnis.

4. Melatih Pikiran dan Memecahkan Persoalan
Saat berlari, tidak hanya fisik saja yang dilatih, secara tidak sengaja pikiran juga diajak atau dilatih untuk lebih fokus utamanya dalam menghadapi persoalan. Jogging juga membuat Anda memiliki waktu luang untuk berpikir dan berusaha memecahkan berbagai persoalan hidup.
Itulah beberapa manfaat jogging bagi fisik maupun psikologis. Tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari aktifitas jogging. Karena itu, luangkan waktu setiap hari untuk berlari secara rutin.

Semoga Bermanfaat.


0 Response to "Perlu Diketahui Inilah Manfaat Jogging Secara Fisik Dan Psikologis"

Post a Comment