Manfaat Penting Kunyit Untuk Kecantikan Dan Mengatasi Jerawat


Sejak berabad-abad lamanya, kunyit yang juga disebut kunir telah dimanfaatkan oleh berbagai bangsa di Asia untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari pelengkap bumbu dapur, mengobati berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sampai dengan perawatan kecantikan. Sayangnya, meski manfaat kunyit untuk kecantikan wajah sudah teruji sejak berabad-abad lamanya, namun kaum wanita jaman sekarang semakin enggan menggunakannya.


Padahal tanaman rempah yang berasal dari daratan Asia Tenggara ini khasiatnya cukup kompleks, tidak hanya yang terkait dengan kulit wajah, namun manfaat kunyit untuk mengatasi jerawat juga tidak kalah dari produk-produk pabrik yang dijual di toko dan apotek.

Inilah manfaat kunyit untuk perawatan kecantikan dan mengatasi jerawat  :
Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan
Selain dijadikan sebagai bahan minuman atau jamu, cara mendapatkan manfaat kunyit untuk kecantikan juga dilakukan lewat perawatan dari luar, yakni dengan mengambil air dan ampasnya untuk dijadikan sebagai pembasuh bagian kulit wajah maupun kulit tubuh secara keseluruhan serta dipakai sebagai masker.


Manfaat kunyit untuk kecantikan wajah disebabkan karena kandungan senyawa kurkuminoid yang dimilikinya. Senyawa kurkuminoid szendiri adalah gabungan antara kurkumin dengan desmetoksikumin. Disamping itu, kunyit juga memiliki kadar Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga dan memelihara kulit dari berbagai macam toksin, serta antiseptik yang berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan.
Dengan kandungan ketiga jenis nutrisi ditambah dengan nutrisi-nutrisi yang lain, kunyit cukup ampuh untuk mengurangi pigmentasi kulit, antiseptik, menghambat pengeriputan/penuaan dini, mengembalikan warna alami kulit akibat terpapar sinar matahari, mengatasi kulit kering dan kulit berminyak, menghilangkan bulu-bulu pada wajah, serta mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Jerawat
Jerawat muncul disebabkan karena kulit memiliki pori-pori yang sewaktu-waktu dapat terisi kotoran dan berbagai jenis partikel, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam seperti sel-sel kulit yang rusak atau mati. Partikel yang menyumbat pori-pori tersebut dapat menimbulkan risiko infeksi bakteri yang memicu terjadinya peradangan dan pembengkakan yang pada tahap selanjutnya akan menjadi nanah yang disebut dengan jerawat.
Manfaat kunyit untuk mengatasi jerawat disebabkan karena kandungan dan fungsi kunyit sebagai antiseptik, antibakteri, serta antiinflamasi. Kandungan antiseptik dan antibakteri dapat membersihkan dan mencegah terjadinya infeksi akibat partikel-partikel yang memasuki pori-pori, sedang kandungan antiinflamasi dapat menyembuhkan iritasi dan peradangan pada kulit.
Itulah manfaat kunyit untuk kecantikan dan manfaat kunyit untuk mengatasi jerawat yang terbukti ampuh tanpa menimbulkan efek negatif pada kulit wajah.


0 Response to "Manfaat Penting Kunyit Untuk Kecantikan Dan Mengatasi Jerawat"

Post a Comment