Beberapa Manfaat Penting Madu Untuk Ibu Hamil


Dengan komposisi nutrisinya yang kompleks, manfaat madu untuk ibu hamil, tidak perlu diragukan lagi. Sebab madu tidak hanya mampu memenuhi kalori tubuh lewat gula alami yang dimilikinya, seperti fruktosa dan glukosa, tapi juga mengandung sejumlah zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, Niasin, Enzim diastase, enzim lipase, enzim peroksidae, puluhan jenis Vitamin, bahkan terdapat lebih dari 181 zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga tidak heran jika Ibu hamil dianjurkan untuk secara rutin mengkonsumsi madu.


Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa banyak, manfaat madu untuk ibu hamil sangat banyak. Beberapa manfaat madu untuk ibu hamil diantaranya adalah:
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan Riboflavin dan Asam askorbat yang terdapat pada madu akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, dan menangkal berbagai macam serangan penyakit. Mencegah ibu hamil dari berbagai macam penyakit, bahkan penyakit yang ringan sekalipun, seperti batuk dan pilek harus dilakukan, karena seringan apapun penyakit, dapat membahayakan kondisi dari janin yang dikandungnya. Itu sebabnya ibu hamil disarankan untuk meminum teh yang dicampur madu setiap hari.


2. Mengatasi Morning Sickness
Sekitar 70% dari keseluruhan ibu hamil, pada trisemester pertama masa kehamilan, mengalami gangguan morning sickness atau rasa mual dan ingin muntah. Gangguan tersebut dapat dicegah dengan membuat minuman dari jahe yang diseduh dengan air hangat ditambah dengan madu. Sebab jahe dan madu dapat merangsang sirkulasi serta mensuplai darah sehat bagi organ-organ pencernaan, sehingga manfaat madu untuk ibu hamil sangat efektif dalam membantu sistem reproduksi dan pencernaan guna mencegah gangguan morning sickness.

3. Mempermudah Proses Kelahiran Bayi
Para dokter dan pakar kesehatan di China sudah sejak lama memanfaatkan madu untuk membantu memperlancar proses persalinan, karena madu dipercaya dapat mempercepat proses pembukaan tempat kelahiran, serta mengandung zat prostagelandine yang dapat mempercepat terjadinya kontraksi rahim serta memperlebar pembukaan leger rahim.
Itulah tiga manfaat madu untuk ibu hamil, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung pada madu, sebanyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.


0 Response to "Beberapa Manfaat Penting Madu Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment