Mengatasi Diabetes Dengan Daun Jambu biji


Daun jambu biji merupakan salah satu herbal yang paling populer dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan farmasi pun banyak yang menggunakan ekstrak daun jambu biji sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan untuk berbagai jenis penyakit. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai indikator bahwa manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tidak perlu disangsikan.


Popularitas daun jambu biji sebagai tanaman obat, selain mudah diperoleh karena dapat tumbuh di sembarang tempat dengan pengolahann yang tidak sulit, juga disebabkan karena kandungan nutrisinya yang memiliki efek farmakologi yang jarang ditemui pada tanaman lain.
Beberapa zat kimia alami yang bermanfaat tersebut diantaranya adalah: alkaloid, polifenol, karoten, flavanoid, kuinon, saponin, antioksidan, serta senyawa antomultigesic.

Berikut beberapa manfaat dari daun jambu biji bagi kesehatan :
1. Mengobati Diare
Salah satu manfaat daun jambu biji yang paling populer di tengah masyarakat kita, karena memang sudah dimanfaatkan sejak dahulu kala adalah sebagai obat diare. Mereka yang terserang diare, cukup dengan meminum 1 – 2 gelas ekstrak daun jambu biji yang direbus dengan air, dalam waktu yang relatif singkat akan merasakan hasilnya. Hal tersebut disebabkan karena berbagai senyawa yang terdapat pada daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri staphylococcus aureus yang menjadi penyebab utama serangan diare.


2. Mengobati Luka dan Memar
Luka karena tersayat benda tajam atau memar karena benturan dengan benda keras, dapat disembuhkan dengan menggunakan daun jambu biji yang telah ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air, kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang tersayat atau yang memar. Kemampuan daun jambu biji dalam menyembuhkan luka sayat dan memar, menurut hasil penelitian yang dilakukan Universitas Federal Technology Nigeria disebabkan karena kandungan steroid yang dapat mempercepat penyembuhan luka, mengatasi peradangan dan mengurangi risiko infeksi.

3. Mengatasi Diabetes
Kandungan minyak atsiri dan berbagai nutrisi lainnya yang terdapat pada daun jambu biji, menurut hasil penelitian Yakult Central Institute dapat dimanfaatkan untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes.
Selain ketiga manfaat tersebut, masih banyak manfaat daun jambu biji bagi kesehatan lainnya, seperti: menurunkan kolesterol, mengurangi risiko jantung koroner dan penyakit kardiovaskuler lainnya, meredakan gatal, mengobati ambeien, gatal, keputihan, mencegah penuaan dini, dan berbagai manfaat lainnya.


0 Response to "Mengatasi Diabetes Dengan Daun Jambu biji"

Post a Comment