Mengenal Beragam Fungsi Foundation Dan Cara Memilihnya


Foundation (alas bedak), biasanya digunakan sebagai pelengkap rias wajah. Dengan foundation, kita dapat menciptakan kesan wajah sesuai keinginan, misalnya wajah cerah bisa didapat dengan foundation berwarna terang. Disamping itu, foundation juga dapat membuat kulit lebih halus serta menyamarkan keriput atau noda-noda pada wajah.


Foundation juga mempunyai fungsi penting dalam melindungi kulit wajah dari paparan langsung sinar matahari atau polusi udara yang membuat kulit mengalami penuaan. Karena itu pemakaian foundation (terutama yang mengandung tabir surya) setiap hari sangat dianjurkan. Jadi, tinggalkan konsep lama yang mengatakan bahwa pemakaian alas bedak setiap hari dapat menyumbat pori-pori dan merusak permukaan kulit.
Fungsi lain dari foundation adalah untuk menutupi kekurangan pada wajah. Beberapa diantaranya adalah:

Menghilangkan bayangan hitam yang ada di bawah mata
Samarkan dengan stick foundation atau concealer dan bedak tabur. Oleskan segaris stick foundation atau concealer pada bagian bawah mata, dan ratakan dengan jari. Gunakan spons yang telah dibubuhi bedak tabur, dan tepuk-tepuk bagian wajah. Jangan berlebihan membubuhkan foundation agar riasan tidak berkesan kaku.


Menutupi Noda
Bedaki dulu jerawat dan bekas luka. Untuk bekas luka, oleskan stick foundation atau concealer dengan menggunakan kuas. Untuk jerawat hindari pemakaian alas bedak karena dapat memperparah kondisi jerawat. Berikan obat jerawat dan tutupi dengan bedak tabur.
Untuk memilih foundation yang sesuai, bisa lewat cara mencari warna foundation yang paling dekat dengan warna kulit. Cara mencarinya adalah dengan mengoleskan foundation pada rahang di bawah sinar lampu yang terang. Jika warna foundation ‘hilang’ dan menyatu dengan kulit, itulah foundation yang tepat untuk kulit Anda.Pilihlah jenis foundation yang cocok. Jenis-jenis foundation tersebut diantaranya adalah:
  • Liquid foundation dengan formula dasar air. Foundation ini cocok untuk kulit kombinasi, berminyak, atau kulit bermasalah. Sedang yang berformula dasar minyak, cocok untuk kulit kering atau kulit yang mengalami dehidrasi.
  • Cream Formulation. Foundation ini mengandung banyak moisturizer yang cocok untuk kulit sangat kering dan dapat membuat wajah berkesan gelap.
  • Compact foundation. Compak foundation adalah kombinasi alas bedak dan bedak yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit.
  • Stick foundation. Alas bedak yang satu ini sangat bagus untuk menutupi noda meski pemakaiannya agak sulit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan jari atau spon basah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus berani mencoba. Jika Anda memakai foundation dengan warna lebih muda dari warna kulit, imbangi dengan bedak berwarna sedikit lebih gelap dari warna kulit.
Cobalah menciptakan kesan tiga dimensi seperti make up artist. Caranya, mulailah dengan foundation sewarna kulit pada seluruh wajah, lalu gunakan yang berwarna lebih gelap pada samping pipi untuk mengecilkan wajah. Selanjutnya bubuhkan warna yang paling terang pada dahi ke arah tulang pipi untuk menegaskan garis wajah.


0 Response to "Mengenal Beragam Fungsi Foundation Dan Cara Memilihnya"

Post a Comment