Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Mengkudu


Buah mengkudu sudah sangat populer sebagai salah satu herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit, namun tidak demikian dengan daunnya. Padahal manfaat daun mengkudu untuk kesehatan juga tidak kalah dari buahnya.
Bahkan pemanfaatan buah dan daun mengkudu untuk obat tradisional sudah dilakukan sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Hanya saja, karena buah mengkudu lebih sering digunakan, membuat manfaat daunnya semakin lama semakin ditinggalkan.


Seperti halnya buah mengkudu, daunnya pun juga mengandung jenis nutrisi yang hampir sama, diantaranya mengandung senyawa fitonutrien. Senyawa fitonutrien sendiri merupakan senyawa yang terdapat pada tanaman di luar mineral, vitamin, dan macronutrients.
Jika pada tanaman lain kandungan fitonutrien ini hanya ada beberapa jenis saja, sementara pada buah dan daun mengkudu mengandung 150 lebih senyawa fitonutrien. Senyawa-senyawa tersebut memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat, seperti antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, antivirus, memperbaiki sel-sel tubuh, meningkatkan imunitas seluler, dan berbagai manfaat lainnya.

Inilah beberapa manfaat daun mengkudu untuk kesehatan :

1. Mencegah Kanker
Air rebusan daun mengkudu yang diminum secara rutin akan dapat mencegah penyakit kanker dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang pembentukan sel-sel darah putih. Hal tersebut disebabkan karena daun mengkudu mengandung senyawa xeronine yang dapat memacu proses regenerasi struktur sel.


2. Memperbaiki Fungsi Organ Pencernaan
Gangguan pada organ pencernaan dapat diatasi dengan meminum ramuan daun mengkudu, karena nutrisi yang dikandungnya dapat memicu reseptor serotonin yang fungsinya mengatur pencernaan serta jalannya makanan yang masuk ke dalam tubuh. Itu sebabnya berbagai problem yang berkaitan dengan pencernaan, seperti sembelit, diare, keracunan makanan, cacingan serta rasa mual dan muntah dapat diatasi dengan meminum ramuan daun mengkudu.

3. Mengobati Jerawat
Jerawat yang membandel dapat diatasi dengan menumbuk halus daun mengkudu yang ada di pucuk pohon dan menambahkannya dengan minyak zaitun serta garam secukupnya. Aduk hingga merata dan bubuhkan pada bagian wajah yang berjerawat setelah sebelumnya wajah dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat dan dikeringkan. Biarkan sejenak hingga mengering dan meresap ke pori-pori kulit wajah, setelah itu bersihkan kembali wajah dengan air hangat.
Cara yang sama juga dapat dilakukan untuk menghaluskan kulit wajah dan kulit tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena daun mengkudu mengandung Colopetin yang dapat mengatasi peradangan dan mencegah alergi, terpenoid yang berfungsi untuk memulihkan sel-sel kulit yang rusak, antibakteri untuk membunuh kuman, serta terpenes yang dapat meremajakan kulit.
Itulah beberapa manfaat daun mengkudu untuk kesehatan, dan manfaat tersebut tidak kalah dari buah mengkudu yang kini sangat populer dalam dunia pengobatan herbal.


0 Response to "Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Mengkudu"

Post a Comment