Mengobati Radang Prostat Dengan Daun Sirih Merah


Sebagai tanaman herbal, sirih merah memang kalah populer dari sirih hijau. Penyebabnya karena selama ini masyarakat lebih banyak memanfaatkan sirih merah sebagai tanaman hias, sebab bentuk dan warna daunnya memang memikat untuk dilihat. Terlebih pembudidayaan sirih merah lebih sulit dibandingkan dengan sirih hijau.
Namun, setelah lewat sejumlah penelitian diketahui bahwa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan lebih beragam, saat ini banyak orang yang memanfaatkan sirih merah untuk pengobatan, dan tidak sedikit masyarakat yang membudidayakan tanaman dengan nama latin Piper Betle L. Var Rubrum.


Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang begitu beragam, disebabkan karena memiliki cukup banyak kandungan senyawa yang mempunyai efek farmakologi, seperti minyak atsiri, flavonoid, kavibetol, eugenol, kavicol, hidroksikavicol, cineole, terpenena, allyprokatekol, caryofelen, fenil propada, pcymene, karvakrol, tanin, saponin, kadimen estragol, dan alkoloid.

Berikut beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan.
1. Obat Radang Prostat
Bagi para pria yang menderita radang pada kelenjar prostat dapat memanfaatkan daun sirih merah sebagai salah satu alternatif obat herbal, karena kandungan saponin, tanin dan hidroksicavicol yang dimilikinya dapat meregenerasi sel-sel pada kelenjar prostat, sehingga mengembalikan fungsinya seperti semula. Caranya dengan meminum air yang direbus bersama 3 – 7 lembar daun sirih merah yang masih muda sehari 3 kali.

2. Mengatasi Diabetes
Para penderita diabetes yang memiliki persoalan dengan kelenjar insulin disarankan untuk meminum air rebusan daun sirih merah sehari 2-3 kali, karena kandungan senyawa eugenol, klavicol, pycene danterpenoid dapat merangsang kinerja insulin untuk mengatur kadar gula dalam darah.


3. Obat Tumor
Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirih merah, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, juga meningkatkan sistem imun untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit tumor. Selain itu senyawa terpenoid dan flavonoid yang dimilikinya juga juga dapat merangsang pembentukan sel-sel darah putih yang dapat membunuh zat karsinogen atau sel-sel tumor pada tubuh.
Disamping ketiga manfaat di atas, masih banyak manfaat daun sirih merah untuk kesehatan, diantaranya sebagai obat sariawan, luka bakar, mimisan, mata merah, gusi berdarah, bronchitis, sakit maag, batuk, darah tinggi, radang paru-paru, asam urat, gejala keputihan, mengatasi masalah bau badan, serta yang lainnya.

0 Response to "Mengobati Radang Prostat Dengan Daun Sirih Merah"

Post a Comment