Menurunkan Berat Badan Dengan Daun Mengkudu


Tanaman mengkudu atau pace selama ini dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Tidak hanya buahnya yang memiliki kandungan nutrisi yang bersifat farmakologis, daunnyapun juga berkhasiat untuk penyembuhan serta menjaga kesehatan tubuh.


Menjalankan program diet dengan menggunakan daun mengkudu adalah salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman yang memiliki nama Latin, Morinda Citrifolia ini.
Banyaknya manfaat yang terkandung pada daun mengkudu, disebabkan karena daun ini kaya akan nutrisi dan berbagai senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satu diantaranya adalah senyawa fitonutrien, yakni senyawa pada tanaman yang jenisnya lebih dari 150 macam fitonutrien.
Jumlah senyawa tersebut jauh melebihi senyawa fitonutrien yang terdapat pada tanaman lain. Dengan banyaknya senyawa yang bermanfaat itulah, buah dan daun mengkudu memiliki khasiat yang berlimpah, baik sebagai antioksidan. Antivirus, antiinflamasi, antibakteri, meningkatkan imunitas seluler, memperbaiki sel-sel tubuh, dan sebagainya.


Untuk mengatasi obesitas lewat cara diet menurunkan berat badan dengan pemanfaatan daun mengkudu, disebabkan karena daun mengkudu kaya serat sehingga membantu kerja sistem pencernaan.
Selain itu, sejumlah senyawa yang terkandung dalam daun mengkudu dapat berfungsi mengolah lemak dan kalori agar lebih optimal, membuat perut tidak mudah lapar, menjaga stamina agar tetap fit dan terhindar dari dehidrasi selama menjalankan program diet.
Untuk memanfaatkan daun mengkudu sebagai menu diet menurunkan berat badan, cara yang dilakukan adalah menyiapkan 30 gram daun mengkudu dan mencucinya hingga bersih. Siapkan pula 30 gram daun kemuning, boleh dalam keadaan masih segar, atau sudah dikeringkan. Jika dalam keadaan masih segar, cuci terlebih dahulu hingga bersih, jika dalam keadaan kering, tidak perlu dicuci.
Rebus kedua bahan tersebut bersama 600 ml air hingga tersisa sekitar sepertiganya. Biarkan hingga dingin, dan saring untuk diambil airnya. Tambahkan satu sendok air jeruk nipis, aduk hingga tercampur rata, dan minum dua kali sehari sehabis makan. Bagi yang tidak terbiasa meminum ramuan jamu, dapat pula menambahkan madu secukupnya.
Itulah cara diet menurunkan berat badan dengan pemanfaatan daun mengkudu, yang akan memberikan hasil yang efektif jika diminum secara rutin disertai dengan olah raga teratur dan menjaga pola makan.

0 Response to "Menurunkan Berat Badan Dengan Daun Mengkudu"

Post a Comment