Saat Musim Kemarau, Moisturizer Seperti Apa Yang Harus Dipakai?


Perawatan untuk kulit sebaiknya perlu disesuaikan dengan musim dan kondisi cuaca. Mengapa? Sebab setiap iklim memiliki karakteristik dan kelembaban yang berbeda yang nantinya sangat berdampak pada kulit kita. Misalnya saat musim digin, kulit akan menjadi lebih kering dan tidak elastis. Begitu juga saat musim kemarau atau musim panas, kulit akan lebih riskan untuk menjadi pecah – pecah dan kelembabannya berkurang.


David Colbert, MD, selaku pendiri the New York Dermatology Group di New York City dan seorang pakar kecantikan dan ahli kulit serta direktur Image Dermatology di Montclair, N.J, Jeanine Downie, MD menjelaskan tentang beberapa produk kecantikan yang tepat digunakan saat musim kemarau/panas, khususnya tentang moisturizer.
  • Jangan gunakan moisturizer yang berbahan terlalu kental dan lengket

Menggunakan krim moisturizer yang berbahan kental dan lengket akan membuat kulit tidak nyaman karena di musim panas, kita akan lebih sering berkeringat. Krim yang lengket ini akan mudah luntur dan membuat kulit wajah terlihat lusuh.
Maka, ganti krim moisturizer Anda dengan moisturizer berbentu gel atau cairan yang lebih ringan, dan pilih dari bahan yang ringan dan alami pula, misal lidah buaya atau jojoba. Gel atau cairan akan dengan mudah dan cepat meresap ke kulit tanpa meninggalkan residu. Dalam hal ini, mereka merekomendasikan produk yang paling tepat adalah produk dari Vaseline.


Produk moisturizer lain yang mengandung cukup banyak kandungan air adalah produk – produk dari Dove. Produk ini sangat tepat digunakan mereka yang memiliki kulit berminyak.
Sedangkan wanita yang memiliki problem wajah seperti kulit kusam, timbul bercak – bercak, cukup gunakan produk dari Aveeno. Produk tersebut mengandung partikel mikro serta exfoliators yang cocok untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan mencerahkan kembali kulit seketika.
  • Bahan – bahan yang tepat untuk moisturizer musim panas

Kita tentu tahu bahwa sebagai pelembab yang digunakan di musim panas, sebaiknya hindari produk yang berbentuk krim dan beralihlah ke bentuk gel atau lotion.
Tak hanya itu, kita juga mesti memperhatikan kandungan bahan pada produk yang kta pakai. Misalnya untuk moisturizer yang digunakan pada kaki yang pecah – pecah, gunakan bahan AmLactin 12% Moisturizing Body Lotion atau Cetaphil karena bahan ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak begitu berminyak dan meninggalkan residu ketika digunakan.
Terakhir, sering – seringlah menucui muka dengan sabun. Sabun muka memang kurang cocok digunakan di musim dingin, namun di musim panas, justru orang – orang dianjurkan menggunakan untuk mencuci muka sesering mungkin. Sabun tak hanya bisa melembabkan kulit, tapi juga membunuh kuman dan bakteri yang keluar bersama keringat.

Semoga Bermanfaat.


0 Response to "Saat Musim Kemarau, Moisturizer Seperti Apa Yang Harus Dipakai?"

Post a Comment