Penyakit Kardiovaskular Dapat Dicegah Dengan Mengkonsumsi Pepaya


Christopher Columbus menyebut buah yang berasal dari daratan Mexico ini “Fruit of the Angels”. Selain aromanya yang harum, teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Manfaat buah pepaya untuk kesehatan disebabkan karena pepaya kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat sebanyak 9,81 gram, serat 1,80 gram, betakaroten 276 µg, lutein zeaxanthin 75 µg, Beta Crypto-xanthin 761 µg, niacin, folat, Thiamin, Riboflavin, pantothenic acid, pyridoxine, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, Vitamin A, B kompleks, C, E, Vitamin K, serta beberapa mineral penting lainnya.


Dengan kandungan nutrisi yang kompleks itulah, manfaat buah pepaya untuk kesehatan terbilang menyeluruh, artinya elain bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan juga berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit.

Berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan :
1. Anti Inflamasi
Pepaya sangat baik untuk mencegah dan mengobati peradangan karena mengandung chymopapain dan enzim papain yang memberi efek anti inflamantasi atau anti peradangan disamping mempercepat penyembuhan luka bakar. Kemampuan pepaya dalam mengatasi peradangan juga berkat kandungan Vitamin C, antioksidan, dan betakaroten yang dimilikinya.

2. Pelindung Sistem Kardiovaskular
Beberapa jenis penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner dan stroke dapat diatasi dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, karena pepaya memiliki kombinasi pantothenic acid, potassium, magnesium, tembaga, beberapa jenis mineral, flavonoid, Vitamin B, Vitamin C, folat, serta kandungan serat yang tinggi.


3. Menjaga Sistem Pencernaan
Mengkonsumsi pepaya secara rutin selain dapat membantu fungsi dari sistem pencernaan juga menjaga sistem pencernaan dari risiko berbagai jenis penyakit. Kandungan Vitamin C, E, beta karoten, dan folat dapat membuang toksin untuk mencegah kanker usus besar serta menurunkan risiko serangan kanker kolon.

4. Memelihara Kesehatan Mata
Dengan kandungan Vitamin A yang berlimpah, pepaya sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, menjaga penglihatan untuk tetap berfungsi normal, serta menurunkan risiko kehilangan penglihatan bagi orang dewasa/lanjut usia.
Selain itu, masih banyak lagi manfaat buah pepaya untuk kesehatan, diantaranya: mencegah hipertensi, mencegah infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi gangguan pernapasan, diabetes, dan beberapa manfaat lainnya.


0 Response to "Penyakit Kardiovaskular Dapat Dicegah Dengan Mengkonsumsi Pepaya"

Post a Comment