Penyakit Kulit Eksim, Ini Tanda - Tanda Dan Cara Mencegahnya


Eksim merupakan gejala penyakit kulit yang timbul akibat lingkungan yang buruk atau faktor keturunan. Gejala atau tanda – tanda yang ditimbulkan antara lain rasa gatal terutama di malam hari, kulit kering, ruam, iritasi, bengkak dan kemerahan.
Eksim merupakan alergi yang diderita 1 dari 10 anak di dunia. Meski telah sembuh, ketika mereka dewasa penyakit ini bisa timbul kembali.


Jika Anda penderita eksim, lakukan perawatan kulit di bawah ini agar eksim tak kambuh lagi :
  • Kompres dengan air hangat suam – suam kuku. Caranya, gunakan kain halus dan celupkan pada air hangat, lalu tempelkan di kulit yang terkena eksim ini. Selain dikompres dengan air hangat, mandi dengan air panas mungkin bisa dijadikan opsi. Hanya saja, kulit yang terkena eksim akan menjadi berminyak yang pada akhirnya mengelupas kulit kering dan menimbulkan iritasi serta rasa gatal dan perih yang luar biasa. Maka, sebaiknya hindari mandi uap atau mandi dengan air panas. Anda hanya diijinkan mandi dengan air hangat suam – suam kuku dengan tempo yang tidak terlalu lama, yakni 5 hingga 10 menit. Seorang pakar dermatologi asal Wisconsin, Kevin Belasco, DO menyarankan agar penderita eksim tidak melakukan mandi dengan air hangat setiap hari untuk mengurangi resiko kulit kering. Selain itu, cara mandi yang baik adalah dengan mengusap atau mengelap kulit tanpa menggosok – gosoknya.

  • Jangan gunakan sabun yang berbahan kimia keras. Gunakan sabun yang lembut misal yang biasa digunakan bayi agar kulit tidak iritasi.

  • Gunakan pelembab yang baik. Menurut pakar dermatologi Amy S. Paller, MD, sekaligus pemimpin Feinberg School of Medicine, Northwestern University, pelembab yang baik untuk penderita eksim adalah yang mengandung minyak, misalnya salep berbentuk krim. Jangan gunakan pelembab yang berbahan dasar air seperti lotion, sebab pelembab tersebut tidak akan berfungsi maksimal dalam melembabkan kulit penderita eksim. Jangan lupa, selalu aplikasikan pelembab ini setelah mandi.
  • Kurangi rasa gatal dan perih. Caranya yakni dengan menggunakan topical atau obat anti gatal lain yang direkomendasikan oleh dokter yang menangani Anda.

  • Cari tahu gejala infeksinya. Sebab, beberapa orang yang menderita eksim juga mengalami infeksi bakteri. Tanda–tanda infeksi bakteri pada penderita eksim adalah:

  1. Kulit berbintik dan kemerahan
  2. kulit menjadi kering dan terkelupas
  3. Kulit melepuh dan luka yang disertai dengan keluarnya nanah atau cairan bening di sekitarnya.
  4. Bengkak dan timbul peradangan di sekitar kulit
  5. Demam tinggi
  • Kenakan pakaian yang nyaman. Pilih bahan pakaian yang nyaman dan hindari bahan woll atau kain sintetis. Sebab, dua bahan ini bisa membuat kulit iritasi. Sebaiknya gunakan pakaian dari katun dan kenakan pakaian yang longgar.



0 Response to "Penyakit Kulit Eksim, Ini Tanda - Tanda Dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment