Ternyata Pisang Terbukti Efektif Untuk Membantu Program Diet


Pisang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, karena pisang memiliki sejumlah nutrisi yang efektif untuk membantu program diet. Anggapan bahwa buah-buahan yang cocok untuk membantu program diet hanyalah buah yang rendah kalori, seperti apel, tertepis oleh pisang, karena pisang mengandung dua kali lebih banyak karbohidrat dibandingkan apel serta mengandung Vitamin A 5 kali lipat lebih banyak dari apel. Lewat kedua nutrisi itu saja, perut tidak akan mudah lapar meski seharian tidak makan, dan kebutuhan akan kalori juga dapat terpenuhi.


Meskipun kalori yang terdapat pada pisang lebih besar dibanding apel, namun pisang lebih kaya akan vitamin, sehingga memiliki kemampuan yang lebih dalam membakar lemak. Bahkan, untuk mereka yang enggan berolahraga, cukup dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, program diet dipastikan akan berhasil. Karena meski tidak mengkonsumsi air banyak untuk mengurangi asupan makanan sebagaimana dilakukan oleh mereka yang berolahraga, namun kandungan kalium yang terdapat pada pisang dapat menyeimbangkan kebutuhan cairan di dalam tubuh.
Manfaat pisang untuk diet menurunkan berat badan, juga disebabkan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kandungan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta usus tersebut masih ditunjang oleh keberadaan pati resisten yang juga dimiliki pisang. Sehingga makanan bagi bakteri baik senantiasa tercukupi lewat serat dan pati resisten, dan hal ini dapat membantu lancarnya proses pembuangan sisa makanan.


Kelebihan lain yang dimiliki pisang adalah rendahnya kadar kalori dan lemak, sehingga manfaat pisang untuk diet menurunkan berat badan, sudah dapat diketahui hanya dari kedua unsur ini. Maksud dari rendah kalori bukan berarti kalori yang dimilikinya paling rendah diantara buah-buahan yang lain, tapi justru sebaliknya. Pisang justru memiliki kalori yang lebih tinggi dibanding buah yang lain, namun tetap dalam batas aman untuk mendukung program diet karena nilai kalori yang dimilikinya tidak mencapai 100, tepatnya 92 kalori.
Meski dengan nilai kalori yang lebih tinggi dibandingkan buah lain, namun pisang memiliki kelebihan dari sisi kadar lemak yang sangat rendah, yakni hanya 0,5 gram lemak dalam satu buah pisang berukuran sedang. Disamping itu vitamin yang dimilikinya juga lebih kompleks, karena mengandung Vitamin A, B, dan C, serta sejumlah senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, seperti asam folat, magnesium kalium, dan kadar serat yang tinggi. Itu sebabnya manfaat pisang untuk diet menurunkan berat badan layak dijadikan pertimbangan dengan menjadikan buah ini sebagai bagian dari menu pokok yang dikonsumsi setiap hari.


0 Response to "Ternyata Pisang Terbukti Efektif Untuk Membantu Program Diet"

Post a Comment