Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini


Kesehatan otak mesti selalu dijaga. Semua kerja yang dilakukan oleh tubuh mulai berpikir sampai ke aktivitas fisik, dikontol sepenuhnya melalui otak. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan otak berarti ikut menjaga fungsinya. Semakin dini merawat otak, maka saat usia senja pun otak masih bisa diajak berpikir cemerlang.


Merawat otak dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Makanan tersebut memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk otak. Ada sejumlah makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak. Delapan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Teh
Minuman dari teh dapat merangsang otak agar lebih tajam dalam berpikir, merasa segar, dan mengoptimalkan kerja pikiran. Hal ini ditunjang ole keberadaan zat katekin di dalam teh. Pada teh hijau, jumlah katekinnya lebih banyak dibanding lainnya. Dan, katekin inilah yang membuat peminum teh kerap merasakan pikirannya lebih tenang dibanding sebelum mengonsumsinya.

2. Tiram
Makanan dari laut ini membantu kemampuan otak dalam menyimpan dan memanggil ingatan. Masalah kepikunan bisa dihindari dengan makan tiram. Ini disebabkan tiram mengandung banyak seng dan zat besi. Keduanya turut membantu konsentrasi, mencegah anemia, dan keburukan lainnya karena kekurangan zat tersebut. Kabar baiknya, tiram cocok dimakan siapa pun kecuali mengalami reaksi alergi.


3. Biji-bijian
Terutama untuk biji utuh, makanan tersebut memperbaiki aliran darah ke tak sehingga berjalan lebh lancar. Penyebabnya adalah bijian utuh mempunyai vitamin B6 atau tiamin dalam jumlah tinggi. Dan, tiamin turut merangsang kemampuan kognitif otak. Biji-bijian utuh bisa ditemukan pada gandum, oatmeal dan banyak lagi.

4. Berry
Buah-buahan dalam kategori berry cukup beragam. Contohnya adalah raspberry, blueberry, dan sebagainya. Semua buah ini memiliki zat fisetin dan flavanoid. Keduanya merupakan antioksidan yang dapat mencegah masalah degenerasi pada otak. Sehingga, kemampuan motorik dan semua kemampuan yang dimiliki otak akan terpacu saat kondisinya prima.

5. Temu lawak
Salah satu bahan dapur yang sangat baik untuk kesehatan liver ini ternyata juga bermnfaat untuk mempertahankan fungsi otak. Kandungan kurkumin pada temu lawak membantu mencegah degenerasi otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.

6. Telur
Hanya dengan makan satu hingga dua butir telur per hari, dapat mengindarkan seseorang untuk terkena atrofi atau penyusutan otak. Biasanya kasus atrofi otak dialami oleh pasien Alzheimer. Baik bagian putih atau kuning telur, sama-sama punya manfaat untuk otak. Pada putih telur ditemukan asam lemak esensial. Sementara bagian kuningnya memiliki kolin yang dapat kemampuan dalam mengingat. Namun, jika seseorang memiliki masalah dengan kolesterol sebaiknya tidak mengonsumsi kuning telur.

7. Sayuran hijau
Sayuran seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan sebagainya biasanya kaya dengan folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Ketiga zat ini diperlukan oleh otak untuk mengatasi tingginya kandungan homocyctein pada otak. Zat kimia tersebut merupakan penyebab dari sifat lupa pada seseorang. Di dalam sayuran hijau juga kerap mengandung zat besi. Zat ini membantu kerja kognitif otak.

8. Ikan
Zat yang sangat berguna bagi otak dari daging ikan adalah asam lemak omega-3. Zat ini memberikan perlindungan pada neuron otak agar tidak sampai mengalami kekakuan karena pengaruh kolesterol dan asam jenuh. Otak juga akan terpenuhi dengan oksigen melalui peran asam lemak omega-3. Maka, mengonsumsi ikan bisa mencegah penyait yang berhubungan dengan otak.

0 Response to "Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini"

Post a Comment