Tips Mencuci Muka Dan Perawatan Wajah Pada Malam Hari


Ketika malam tiba, orang cenderung sudah merasa terlalu lelah hingga malas untuk beranjak dari tempat tidur dan pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka. Padahal, kebiasaan tidak mencuci muka saat malam tidak baik untuk kesehatan kulit wajah.
Sebab setelah sepanjang hari wajah tertutupi dengan make up, saat malam adalah saat yang tepat untuk mengistirahatkan kulit wajah dan membiarkannya bernafas dengan cara mencuci muka dengan sabun atau membersihkannya dengan cairan cleanser.


Laurie J. Polis, MD, seorang pakar dermatologis mengungkapkan jika seseorang terbiasa mengindahkan kebiasaan cuci muka sebelum tidur, ia berpotensi untuk lebih cepat mengalami penuaan dini.
Bahkan bila hal ini dilakukan secara terus menerus, wajah akan menjadi terlihat lebih tua 5 tahun dari usia sesungguhnya.
Polis menegaskan, sepanjang malam kulit kita mengalami proses metabolisme dan beregenerasi untuk menghasilkan sel – sel kulit baru yang lebih sehat. Namun, proses metabolisme ini hanya bisa berjalan dengan baik saat kulit wajah bersih dan bebas kotoran.


Apabila make up, debu, minyak, dan kotoran masih menempel di wajah akibat kita malas mencuci muka, maka hal ini berdampak pada penyumbatan pada pori – pori kulit dan menghabat proses regenarasi. Bahkan, pori – pori yang tersumbat ini bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya jerawat dan komedo.
Selain mencuci muka, ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh kita terkait perawatan wajah yang perlu dilakukan sebelum tidur. Perawatan wajah ini mesti disesuaikan dengan tipe wajah masing – masing.
  • Tips Membersihkan wajah untuk kulit kering
Setelah mencuci muka dengan sabun muka atau cleanser, seseorang dengan tipe kulit kering bisa melanjutkan perawatan dengan menggunakan moisturizer. Dengan begitu, kulit akan terasa lebih lembab ketika ia bangun tidur.

  • Tips Membersihkan wajah untuk kulit berjerawat
Untuk kulit yang berjerawat, sebaiknya gunakan sabun muka atau cleanser yang mengandung sulfur serta anti acne. Setelah wajah kering, jangan lupa aplikasikan clog buster ke seluruh wajah.

  • Tips Membersihkan wajah untuk kulit gelap
Untuk mereka yang berkulit gelap, sebaiknya cucilah muka dengan cleanser ketimbang dengan sabun muka. Usapkan cleanser dengan kapas ke seluruh wajah dan leher. Setelah itu, gunakan toning / toner / cairan penyegar. Maka, wajah akan terlihat lebih segar dan lebih cerah keesokan harinya.
Dari keseluruhan tips di atas, hal lain yang mesti diperhatikan adalah kebersihan kain atau kapas yang digunakan untuk membersihkan muka, terutama mereka yang membersihkan muka dengan cleanser.
Kapas atau kain yang digunakan haruslah bersih dan stearil agar tidak memicu timbulnya jerawat. Selain itu, bagi mereka yang memakai make up cukup tebal sepanjang hari, sebaiknya bersihkan muka dengan cleanser ketimbang sabun muka. Sebab, cleanser lebih optimal dalam membersihkan bedak dan foundation yang menempel di kulit.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Tips Mencuci Muka Dan Perawatan Wajah Pada Malam Hari"

Post a Comment