Tutorial Mandi Susu Ala Ratu Mesir Cleopatra


Cleopatra, Ratu Mesir legendaris, penakluk penguasa Romawi, Yulius Caesar, dikenal memiliki kecantikan dan pesona yang luar biasa pada jamannya. Selain cantik, dia memiliki kulit yang sangat halus, dan konon kehalusan kulitnya itu disebabkan karena dia rajin memanjakan diri dengan mandi susu. Benarkah susu dapat mempercantik dan menghaluskan kulit?


Ternyata Benar! Susu, selain pelengkap kebutuhan gizi tubuh, ternyata juga dapat mempercantik dan membantu menghaluskan kulit. Menurut para pakar dunia kedokteran, susu dapat mempercantik kulit karena kandungan asam laktatnya, yang kini diketahui termasuk golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA sendiri sebenarnya bukan merupakan komponen yang asing bagi tubuh, karena diproduksi juga di dalam tubuh walaupun dalam jumlah yang kecil. Komponen alami ini sangat dibutuhkan dalam pelepasan ikatan antar sel-sel kulit. Selain merupakan komponen alami tubuh manusia, AHA juga terkandung dalam bahan pangan nabati dan hewani dalam berbagai jenis.

Beberapa jenis AHA yang terkandung dalam bahan pangan antara lain adalah asam laktat yang banyak terkandung dalam susu, asam sitrat pada jeruk dan lemon, asam malat pada apel, asam tartrat pada minuman anggur (wine), serta asam glukolat yang umumnya terdapat pada gula tebu. Itu sebabnya selain dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi, kandungan AHA pada susu juga dapat digunakan untuk mandi susu yang dapat membersihkan kulit hingga lapisan terdalam.




Besarnya manfaat mandi susu untuk menghaluskan kulit itulah yang membuat banyak salon kecantikan menawarkan fasilitas mandi susu. Sudah barang tentu untuk dapat menikmati fasilitas tersebut, kita harus merogoh saku cukup dalam karena biayanya memang yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang ingin menikmati mandi susu ala Cleopatra, namun dengan biaya yang murah dapat melakukannya sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan bahan-bahan berikut, kemudian diaduk rata dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat. Bahan berikut ini cukup untuk 2 – 3 kali berendam:

  • 3 cangkir bubuk susu (dapat berupa susu rendah lemak/tanpa lemak) + 1 kapsul vitamin E. Atau sebagai gantinya, Anda cukup menggunakan 3 cangkir bubuk susu, dari susu rendah lemak yang mengandung vitamin E.
  • 3 tetes aroma lavender atau sesuai selera.
  • 1/3 cangkir tepung maizena.


Untuk sekali mandi susu, ambillah 3 sendok makan campuran bahan-bahan tersebut. Masukkan ke dalam bathtub berisi air hangat, dan berendamlah selama kurang lebih 20 menit. Saat berendam, gosok kulit secara perlahan dengan waslap atau loofa (spons lembut) untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Jangan lupa untuk membilas tubuh sehabis berendam.

Jadi, bila Anda peduli dengan kelembutan dan kehalusan kulit, selain mengkonsumsi susu tanpa lemak/susu rendah lemak dengan kandungan Vitamin E, Anda juga dapat memanfaatkan susu tersebut untuk mandi susu ala Cleopatra.

0 Response to "Tutorial Mandi Susu Ala Ratu Mesir Cleopatra"

Post a Comment