Waspada Jangan Menahan Kencing Terlalu Lama, Ini Resikonya!


Tidak sedikit diantara kita yang dengan sengaja menahan keinginan untuk kencing disebabkan oleh berbagai macam alasan, entah karena sedang dalam perjalanan, kesulitan mencari kamar kecil, atau karena sibuk dengan pekerjaan.


kebiasaan menahan kencing terlalu lama, dapat berisiko terhadap kesehatan. Sebab, air kencing yang seharusnya dikeluarkan, pada saat ditahan akan ditampung di kandung kemih.
Semakin lama, kandung kemih akan semakin penuh, karena pasokan air dari atas terus bertambah. Akibatnya, urine yang tidak tertampung lagi di dalam kandung kemih dapat naik ke atas, dan kembali lagi menuju ginjal.
Sementara, air urine itu sendiri mengandung bakteri yang berbahaya. Dampak selanjutnya sudah barang tentu munculnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada fungsi ginjal.


Berbagai macam gangguan fungsi ginjal yang disebabkan oleh kebiasaan menahan kencing tersebut diantaranya adalah: infeksi ginjal yang disebabkan oleh penumpukan urine, gagal ginjal dan batu ginjal.
Penyakit gagal ginjal muncul karena penumpukan kotoran yang dibawa oleh urine dapat merusak fungsi ginjal, sehingga ginjal tidak lagi dapat menyaring dan membuang kotoran yang berasal dari sisa pencernaan.
Sedang batu ginjal terjadi karena urine yang menumpuk, lama-lama akan mengeras dan terjadi pengkristalan disebabkan karena kandungan garam yang terdapat pada urine. Batu ginjal ini akan menimbulkan rasa perih dan sakit pada saat kencing.
Organ lain yang berisiko terserang penyakit akibat menahan kencing terlalu lama tentu saja kandung kemih yang menjadi tempat penampungan pada saat urine ditahan proses keluarnya. Penyakit tersebut dalam bentuk infeksi kandung kemih dan infeksi saluran kencing.
Infeksi kandung kemih dan saluran kencing disebabkan karena urine yang ditahan mengandung banyak kotoran dan bakteri, sehingga kemungkinan bakteri-bakteri jahat tersebut menyerang dan menimbulkan infeksi sangat besar.
Infeksi kandung kemih ini akan menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian bawah, kencing menjadi lebih sering dan dengan volume yang sedikit, bahkan pada saat kencing terkadang disertai dengan pendarahan.


0 Response to "Waspada Jangan Menahan Kencing Terlalu Lama, Ini Resikonya!"

Post a Comment