Baca Ini Sebelum Jadi Mak Comblang Atau Buka Usaha Biro Jodoh


Menjadi mak comblang bisa menjadi aktifitas yang seru dan menyenangkan. Bahkan bila Anda cermat, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai profesi dengan cara membuka usaha biro jodoh.
Tapi, pastinya Anda perlu memperluas jaringan pertemanan agar klien Anda bisa mencakup semua kalangan. Yang paling penting, palajari hal–hal di bawah ini agar Anda bisa menjadi mak comblang yang sukses.


1. Bersikap dan Berfikir Terbuka
Ini adalah sikap dasar sebelum menjalani profesi sebagai mak comblang. Klien akan lebih mudah dan lebih senang mendatangi Anda jika Anda bersikap terbuka dan memberi masukan yang inspiratif bukan malah mengguruinya.
Usahakan agar ia mau menceritakan sekilas tentang masa lalunya. Hal ini akan memudahkan Anda memilih pasangan yang tepat untuknya. Yang pasti, jaga rapat–rapat setiap rahasia klien Anda.

2. Pelajari Masa Lalunya
Dari informasi yang Anda peroleh tentang masa lalunya, pahami dan pelajari hal ini untuk mencari tahu hal yang salah serta cara memperbaikinya. Misal bila dulu ia terlalu cuek dengan pasangannya, kini motivasi ia agar lebih peduli terhadap pasangan.

3. Pelajari Karakter Klien
Bagi seorang mak comblang, penting untuk menilai karakter seorang klien hanya dari obrolan singkat. Anda bisa menstimulasinya dengan pernyataan–pernyataan agar ia bisa menunjukkan karakter aslinya, misal apakah ia pemarah, pemalu, over PD, atau justru tertutup.
Dengan mempelajari karakternya, Anda bisa menemukan pasangan yang cocok yang bisa mengimbangi karakter klien tersebut.


4. Tanyakan Hobi atau Hal yang Disukai
Hobi atau hal yang disukai bisa menunjukkan karakter seseorang. Misal klien Anda adalah seorang pria yang juga suporter tim sepak bola. Maka, pasangkan ia dengan wanita yang juga memiliki ketertarikan yang sama, yakni di bidang sepak bola. Sehingga, kelak mereka berdua bisa menjadi pasangan yang kompak.

5. Tanyakan pada Klien Tipe yang Ia Cari
Kadang seorang klien datang kepada seorang mak comblang dengan membawa sederet kriteria yang ia tentukan sebelumnya. Pastinya klien seperti ini akan memudahkan kerja Anda, karena Anda sudah memiliki panduan wanita yang ia sukai. Namun, Anda juga perlu merekomendasikan kriteria lain yang mungkin Anda rasa akan lebih cocok jika dipasangkan dengannya.

6. Berikan Saran yang Jujur
Saran yang jujur yang dimaksud di sini adalah saran yang bisa membangun dan meminimalisir kekurangan yang ada pada diri klien. Misalnya jika klien adalah orang yang introvert, buat dia agar lebih terbuka dan percaya diri untuk bertemu orang yang baru. Namun bila kekurangan klien adalah dalam hal berpenampilan, beri saran agar ia mengupdate gaya berbusananya agar terlihat lebih menarik lawan jenis.


0 Response to "Baca Ini Sebelum Jadi Mak Comblang Atau Buka Usaha Biro Jodoh"

Post a Comment