Buah Naga Berkhasiat Untuk Mengatasi Diabetes

Menjaga glukosa atau kadar gula dalam darah agar senantiasa dalam kondisi normal, itulah salah satu manfaat buah naga untuk diabetes yang juga populer dengan sebutan penyakit kencing manis.
Menjaga kadar gula darah agar normal merupakan persoalan penting bagi para penderita diabetes, sebab ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi hormon insulin, membuat tubuh tidak mampu mengolah glukosa atau gula darah menjadi energi.


Akibatnya, jika hal tersebut tidak segera ditangani, akan memicu sejumlah penyakit yang mengancam keselamatan jiwa penderita, seperti Alzheimer, penyakit Huntington, Parkinson, ataxia telangiectasia sindrom, sindrom wolfram, sindrom down, hipotiroidisme, hipogonadisme, dan sejumlah penyakit yang membahayakan lainnya.
Manfaat buah naga untuk diabetes disebabkan karena buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang dapat mengatur kadar gula darah sekaligus mengurangi kolesterol dan sebagai antioksidan, yakni asam lemak omega 3 yang terdapat pada biji buahnya, serta kandungan kalsium dan magnesium pada daging buahnya.
Disamping itu juga mengandung karbohidrat, beta karoten, serta serta Vitamin C yang juga efektif untuk mengontrol gula darah.


Selain kemampuannya dalam mengontrol glukosa, buah naga juga bermanfaat untuk mengontrol kadar insulin yang diproduksi oleh tubuh, sehingga para dokter dan pakar kesehatan banyak yang menganjurkan para penderita diabetes agar rutin mengkonsumsi buah naga.
Manfaat buah naga untuk diabetes telah melalui serangkaian penelitian ilmiah dan uji klinis, salah satunya dilakukan oleh Department of Nutrition and Dietetics Faculty of Medicine and health Sciences pada University Putra Malaysia.
Dalam penelitian tersebut, sebanyak 28 pasien penderita diabetes mellitus tipe 2 dengan rentang usia 40 – 55 tahun dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok I setiap harinya diberi asupan 400 gram buah nagah merah, kelompok II 600 gram, kelompok tidak mendapat perlakuan sama sekali, dan kelonmpok IV diberi asupan obat penurun gula darah yang dijual bebas di pasaran.
Setelah 4 minggu, seluruh pasien diperika kadar gulanya dengan menggunakan mesin penganalisis kimia otomatis. Hasilnya, kadar kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) pada pasien Kelompok I dan II mengalami peningkatan sebesar 14,1%, sedang kadar gulanya menurun sebesar 19,94% .
Disamping itu, kolesteril LDL mengalami penurunan sebesar 5,94% dengan trigliserida sebesar 23,52%. Artinya, buah naga berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah serta dapat mencegah serangan diabetes maupun penyakit jantung.
Demikian beberapa manfaat buah naga untuk diabetes, yang patut dicoba oleh para penderita diabetes mellitus atau kencing manis.


0 Response to "Buah Naga Berkhasiat Untuk Mengatasi Diabetes"

Post a Comment