Coba Cara Ini Agar Selalu Berpikir Positif


Cara kita berpikir akan sangat berpengaruh pada hasil dari apa yang kita kerjakan. Jika sejak awal kita sudah berpikiran negatif dan merasa pesimis terhadap apa yang kita kerjakan, maka yang akan kita temui adalah kegagalan. Tapi jika sejak awal kita berpikir positif dan merasa yakin akan meraih sukses, maka yang kita petik adalah keberhasilan.


Berpikir positif juga dapat mendongkrak energy, membuat jiwa lebih tenang, dan menjadikan hidup terasa lebih nyaman. Lantas bagaimana cara untuk berpikir positif? Berikut beberapa tips yang dapat dicoba:
Gunakan Rasio dan Akal
Pikiran positif hanya dapat terbentuk jika kita menggunakan rasio dan akal, bukan dengan hati dan perasaan. Jika kita mengedepankan hati dan perasaan, yang akan kita temui adalah rasa senang dan tidak senang dan rasa itu cenderung bersifat subjektif sehingga kita tidak bisa membedakan antara yang positif dengan negatif. Berbeda dengan rasio dan akal yang menilai sesuatu dari sisi benar dan salah, yang sifatnya objektif dan dapat membedakan antara yang positif dengan negatif.

Tanamkan Pondasi Berpikir
Bentuk sebuah bangunan akan selalu mengikuti pondasinya, demikian juga dengan pola pikir kita. Jika di alam bawah sadar kita terbangun sebuah pondasi atau landasan berpikir yang positif, maka dalam kehidupan ssehari-hari, cara berpikir kita juga akan senantiasa positif. Untuk dapat membangun landasan berpikir atau mindset positif, banyak cara dan metode yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan melakukan visualisasi dan pengulangan terhadap sebuah materi yang merangsang otak untuk berpikir positif.

Bersikap Optimis
Cara untuk berpikir positif juga dapat dibentuk melalui sikap optimis. Karena antara pikiran positif dengan sikap optimis ibarat dua sisi dari sekeping mata uang. Keduanya saling mempengaruhi satu dengan yang lain, sehingga mereka yang berpikir positif akan memiliki sikap optimis, dan mereka yang memiliki sikap optimis akan selalu berpikir positif.


Berikan Sugesti Positif
Awali hari dengan berdiri di depan cermin sebelum menjalankan aktifitas, dan ucapkan sugesti positif dengan mengatakan kepada diri sendiri tentang apa yang ingin Anda dapatkan pada hari itu. Dengan melakukan sugesti positif pada diri sendiri, alam bawah sadar akan membangun semacam magnet untuk menarik apapun yang kita inginkan.

Lakukan Visualisasi
Cara untuk berpikir positif juga dapat dibangun lewat metode visualisasi, yaitu dengan meluangkan waktu sejenak setiap harinya, dan akan lebih baik jika dilakukan sebelum berangkat tidur. Cara melakukan visualisasi adalah dengan membuat tubuh dalam keadaan rileks, kemudian membayangkan apa yang kita harapkan. Dengan membayangkan sesuatu yang kita harapkan, tubuh kita akan menerapkan hukum law of attraction, atau hukum tarik menarik untuk menarik segala sesuatu yang kita inginkan. Metode ini bukan hanya dapat mewujudkan apa yang kita harapkan tapi juga dapat merangsang otak untuk senantiasa berpikir positif.

Jangan Pernah Mengeluh
Kelihatannya memang sepele, tapi dampak dari sebuah keluhan dapat memicu tumbuhnya benih-benih pikiran negatif. Karena itu, apapun yang kita hadapi jangan pernah sekalipun mengeluh, agar pikiran positif senantiasa bersarang dalam benak kita.

Jangan Tertulari Pikiran Negatif
Pikiran negatif memiliki sifat yang hampir sama dengan virus, yakni menular. Karena itu, salah satu cara untuk berpikir positif adalah menjauhi orang-orang yang selalu berpikir negatif. Sebab pikiran, kalimat dan perilaku yang negatif, dapat menghasilkan mood yang dapat mempengaruhi pikiran positif untuk melakukan hal yang sama dengan mereka yang berpikir negatif.

Berlatih dan Terus Berlatih
Mengubah mindset tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perubahan tersebut membutuhkan proses dan proses membutuhkan waktu. Berlatihlah mengubah mindset dari negatif ke positif, dan jangan hanya berlatih sekali, tapi lakukan secara rutin berulangkali.

Pandang Segala Sesuatu dari Berbagai Dimensi
Jangan menilai sesuatu hanya dari satu sisi, sebab jika itu yang dilakukan maka yang akan kita pahami hanya satu permukaan. Celakanya jika permukaan tersebut ternyata berisikan sesuatu yang negatif, sehingga otak kita akan digiring untuk juga berpikir negatif. Pandang segala sesuatu dari berbagai dimensi, jika yang kita temui memiliki sisi yang negatif, cari sisi lainnya yang bermuatan positif. Sehingga penilaian kita terhadap segala sesuatu dapat lebih kompleks dan lebih bijak, dan otak kita juga senantiasa dirangsang untuk berpikir positif.
Demikian beberapa cara untuk berpikir positif agar hidup kita senantiasa optimis, energi terbarui, jiwa lebih tenang dan hidup lebih nyaman.


0 Response to "Coba Cara Ini Agar Selalu Berpikir Positif"

Post a Comment