Manfaat Luar Biasa Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil


Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil selama ini masih banyak diperdebatkan, tidak hanya di kalangan masyarakat awam, tapi juga pakar kesehatan. Sebagian ada yang berpendapat bahwa ibu hamil dilarang mengkonsumi buah sirsak, tapi sebagian lagi justru menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah sirsak karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dirinya sendiri maupun untuk bayi yang dikandungnya.


Kedua pendapat tersebut sebenarnya tidak ada yang salah, karena buah sirsak memang baik untuk ibu hamil, tapi juga memiliki efek samping yang negatif jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Mengkonsumsi buah sirsak dalam jumlah yang berlebihan akan dapat menekan sistem kardiovaskuler pada ibu hamil yang dapat menyebabkan muntah. Selain itu juga berpengaruh negatif pada janin yang dikandung karena dapat menyebabkan terjadinya kontraksi rahim.
Namun, jika buah sirsak dikonsumsi secukupnya atau dalam batas yang wajar, justru akan memberikan manfaat yang besar. Sebab nutrisi yang terkandung pada buah sirsak sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kondisi fisik sang ibu maupun untuk membantu pertumbuhan janin yang dikandung.

Berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil :
1. Mencegah Rasa Mual
Pada awal kehamilan, ibu hamil seringkali merasa mual dan ingin muntah. Untuk mencegahnya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jus buah sirsak, karena rasa asam manis pada buah tersebut dapat merangsang produksi air liur yang bisa mencegah dan menghilangkan rasa mual.

2. Meningkatkan Nafsu Makan
Menurunnya selera makan juga merupakan salah satu persoalan yang kerap dialami ibu hamil. Persoalan tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus buah sirsak, karena rasa manis yang dikandungnya dapat meningkatkan nafsu makan.

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah sirsak membuatnya bermanfaat sebagai antioksida untuk menangkal radikal bebas. Karena itu bagi ibu hamil yang seringkali melakukan aktifitas di luar ruangan, disarankan untuk mengkonsumsi sirsak sebagai pencuci mulut seminggu sekali.


4. Membantu Sistem Pencernaan
Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang lainnya adalah membantu sistem pencernaan. Sebagaimana diketahui, masalah konstipasi atau sulit buang air besar, merupakan salah satu persoalan yang kerap dialami ibu hamil. Buah sirsak dengan kandungan serat yang tinggi dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah konstipasi tersebut.

5. Menstimulasi Produksi Asi
Buah sirsak memiliki fungsi yang sama dengan daun katuk yakni dapat menstimulasi produksi ASI pada ibu hamil. Dengan lancarnya ASI yang keluar, maka bayi dipastikan akan memperoleh colostrum langsung sesaat sesudah lahir, dan tidak menunggu sampai aliran ASI lancar pasca persalinan.
Demikian beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mengkonsumsi buah ini tanpa merasa takut akan efek negatif yang ditimbulkannya, selama dikonsumsi dalam batas yang wajar.


0 Response to "Manfaat Luar Biasa Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment