Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya


Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan efek sampingnya perlu untuk diketahui, karena meski minyak yang berasal dari tanaman zaitun ini sejak zaman dahulu kala dikenal memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan tubuh, namun kemungkinan dari efek samping yang ditimbulkannya juga selalu menyertai.
Artinya, kita tidak bisa seenaknya memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan tanpa tahu efek samping yang ditimbulkan, sebab pemanfaatan yang keliru akibatnya justru akan memperburuk kesehatan tubuh.


Minyak zaitun memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan disebabkan karena nutrisi yang dikandungnya terbilang kompleks untuk memenuhi kebutuhan tubuh serta mengandung sejumlah senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menormalkan kembali fungsi organ-organ tubuh yang rusak.
Menurut hasil penelitian, kandungan yang terdapat pada setiap 100 gram minyak zaitun terdiri atas: kalori sebesar 3701 KJ (885 Kcal), lemak 100 g yang terbagi atas lemak jenuh 14 g, lemak tak jenuh tunggal sebesar 73 g, lemak tak jenuh ganda sebesar 11 g, omega 3 <1,5 g, omega 6 3,5 – 21g, protein 0 g, karbohidrat 0 g, vitamin E 14 mg dan vitamin K 62 mg. Selain itu minyak zaitun juga mengandung sejumlah vitamin dan senyawa yang baik untuk kesehatan, seperti: Vitamin A, Vitamin B1, B2, Potassium, zat besi, polifenolm serta linoleic acid.


Dengan kandungan nutrisi, vitamin, dan senyawa yang bermanfaat itulah minyak zaitun bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, anti inflamantasi, mencegah kanker, mencegah stroke, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, serta mencegah pikun.
Agar tidak salah dalam pemanfaatan, kita juga perlu mengetahui manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan efek sampingnya dengan memahami dampak negatif dari penggunaan yang tidak tepat pada sasaran. Sebab meski secara umum minyak zaitun baik untuk kesehatan, namun bagi ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.
Minyak zaitun sebaiknya juga tidak digunakan oleh mereka yang menderita diabetes, sebab dapat menurunkan gula darah. Begitu juga dengan mereka yang baru menjalani operasi bedah, sebaiknya tidak mengkonsumsi minyak zaitun, karena dapat berpengaruh pada kontrol gula darah selama proses pembedahan.
Demikian manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan efek sampingnya yang perlu untuk diketahui agar tidak salah dalam pemanfaatannya.


0 Response to "Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya"

Post a Comment