Memahami Lebih Dalam Tentang Penyakit Influenza


Pada musim pancaroba seperti sekarang ini, pilek dan batuk menjadi penyakit yang paling sering kita temui. Bahkan tidak jarang, diri kita, atau keluarga kita ikut menjadi sasaran penyakit yang satu ini. Pilek dan batuk oleh masyarakat sering disebut penyakit flu. Tapi, benarkah pilek dan batuk adalah penyakit flu?

Flu yang merupakan kependekan dari kata influenza, termasuk penyakit pernapasan yang menular. Akibat virus influenza ini, kita dapat jatuh sakit, mulai dari yang ringan hingga komplikasi. Bahkan yang membahayakan jiwa pun dapat terjadi, seperti SARS yang sempat merebak di China dan menyebar ke negara-negara tetangganya, hingga sempat menjadi sumber kekhawatiran masyarakat dunia untuk berkunjung ke Asia.


Flu tidak sama dengan pilek. Walau pilek juga merupakan penyakit pernapasan, tapi jenis virusnya berbeda. Flu secara umum dapat berakibat lebih parah daripada pilek dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti pneumonia dan infeksi bakteri. Oleh karena itu flu pada umumnya memerlukan penanganan lebih lanjut. Flu memang tidak dapat dianggap enteng, karena cenderung makin mengganas dan sulit dicari cara penyembuhannya. Di Amerika Serikat, sekitar 10 – 20 % penduduknya terkena flu setiap tahunnya, dan sekitar 36.000 penduduk Amerika Serikat meninggal setiap tahunnya akibat komplikasi flu.

Penularan Flu
Penularan flu lebih mudah terjadi, bila Anda berada dekat penderita flu dalam ruang tertutup. Saat ia bersin atau batuk, maka butiran virus influenza tersebut akan mudah ditularkan melalui udara. Kondisi ini akan semakin menjadi bila Anda berada di ruang tertutup dan ber-AC. Bila teman dekat Anda menderita flu dan Anda mulai merasakan gejala demam, pusing, sangat lelah, batuk kering, sakit tenggorokan dan hidung berlendir, mulailah waspadai ini merupakan gejala serangan flu yang cukup parah. Pada anak-anak gangguan pada sistem pencernaannya seperti muntah-muntah dan diare juga dapat dirasakan. Oleh karena itu waspadalah bila salah seorang teman sekolahnya menderita flu!

Mencegah Flu
Menghindari flu sebenarnya mudah dilakukan. Menghindari kontak terlalu dekat dengan penderita, mencuci dan menjaga kebersihan tangan, serta menghindari kebiasaan tangan untuk sering menyentuh mata, hidung, atau mulut, merupakan cara sederhana yang efektif untuk mencegah flu. Sebaliknya, bila Anda yang menderita flu, upayakan untuk selalu menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, serta membatasi diri untuk kontak dengan lingkungan tertutup, agar orang di sekitar Anda tidak tertular.


Selain cara-cara di atas, Anda pun perlu membentengi diri dengan sistem imunitas tubuh yang kuat. Benteng pertahanan ini dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin A, C, dan E dalam jumlah cukup setiap harinya. Ketiga vitamin yang dikenal sebagai antioksidan ini, akan membantu menjaga stamina Anda. Dan untuk memenuhinya, Anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen khusus! Dengan mengkonsumsi susu, seperti susu non fat atau low fat, Anda akan memperoleh sumber antioksidan tersebut. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga stamina tubuh Anda dengan tetap memperhatikan kebutuhan gizi tubuh.


0 Response to "Memahami Lebih Dalam Tentang Penyakit Influenza"

Post a Comment