Mencegah Kanker Dan Diabetes Dengan Daun Cerry/Kersen


Buah kersen yang lebih populer dengan sebutan buah cerry, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Meski tanaman ini tidak dibudidayakan secara khusus, namun dapat dengan mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan atau tumbuh liar di lahan-lahan yang tidak dimanfaatkan.
Meski sepintas lalu, tanaman kersen seperti tidak berguna, namun khasiat yang dikandungnya sangat luar biasa. Tidak hanya buahnya yang kecil-kecil dengan warna merah tua yang berkhasiat untuk pengobatan, manfaat daun kersen untuk kesehatan juga tidak kalah banyaknya.


Menariknya, untuk mengolah daun kersen yang nama latinnya Muntingia Calabura, sangat mudah. Tinggal memetik daun-daun yang sudah tua dan mengeringkannya dengan dijemur di bawah terik matahari.
Setelah daun tersebut kering, seduh dengan air panas, dan biarkan beberapa saat, sebagaimana saat kita membuat teh. Air panas yang semula bening, lama-lama akan berubah warna seperti air teh. Air yang mengandung larutan daun kersen itulah yang diminum sehari dua kali untuk mengatasi gangguan penyakit.

Berikut beberapa manfaat daun kersen untuk kesehatan tubuh sekaligus untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit :
1. Obat Diabetes
Kandungan senyawa saponin dan flavonoid yang terdapat pada daun kersen merupakan antioksidan yang berfungsi melakukan sekresi hormon insulin untuk metabolisme gula. Itu sebabnya sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

2. Antiseptik
Daun kersen merupakan antiseptik yang kuat dan dapat membunuh berbagai jenis mikroba bakteri, seperti: C. Diptheriae, S. Aureus, K. Rhizophil, P. Vulgaris, dan S.Epidemidis. Hal tersebut disebabkan karena daun kersen mengandung senyawa tannin, saponin dan flavonoid.


3. Penangkal Radikal Bebas
Paparan radikal bebas dari luar maupun yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan dapat diatasi dengan daun kersen berkat kandungan oksidannya yang tinggi, seperti quercetin, cyanidin, dan anthocyanin.

4. Mencegah Kanker
Penyakit kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi teh dari daun kersen secara rutin, karena salah satu nutrisi yang dimilikinya, yakni antiasianin dan cyanidin, ditambah Vitamin C serta kandungan seratnya yang tinggi sangat efektif dalam menangkal sel-sel jahat yang berisiko menjadi kanker.
Disamping itu, masih banyak manfaat daun kersen untuk kesehatan, seperti: menyembuhkan asam urat, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi infeksi, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sakit kepala, batuk, radang, dan berbagai manfaat lainnya.


0 Response to "Mencegah Kanker Dan Diabetes Dengan Daun Cerry/Kersen"

Post a Comment