Tanggulangi Diabetes Dengan Memanfaat Daun Sirsak


Penyakit diabetes yang juga populer dengan sebutan kencing manis adalah penyakit yang disebabkan naiknya gula darah dalam tubuh akibat hormon pengatur gula darah yang disebut insulin tidak dapat mengontrol dan mengatur dengan baik.
Diabetes dapat menyerang siapapun, utamanya mereka yang memiliki riwayat diabetes pada keluarganya. Selain faktor genetis, diabetes juga berisiko menyerang mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, obesitas atau kegemukan, hipertensi, serta mereka yang kurang melakukan aktifitas fisik.
Gejala umum yang terjadi dan biasa dirasakan oleh penderita diabetes diantaranya: sering kencing, nafsu makan yang berlebihan, selalu merasa haus, rasa nyeri pada tangan dan kaki, tubuh terasa lemah, gampang mengantuk, berat badan turun, mata kabur, dan jika mengalami luka maka luka tersebut butuh waktu yang lama untuk bisa sembuh.
Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk diatasi, jika kondisinya sudah dalam keadaan parah. Penyakit ini digolongkan penyakit berat, sebab jika tidak ditangani dengan serius dapat menumbulkan kematian.


Melakukan cek up dan mengontrol gula darah secara rutin dan berkala sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes. Namun, upaya pengobatan herbal juga sangat baik untuk dilakukan guna memperbaiki organ tubuh, agar dapat memproduksi insulin secara normal, sehingga metabolisme tubuh dapat berlangsung secara sempurna.


Salah satu jenis tumbuhan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah daun sirsak.
Hal tersebut disebabkan karena daun sirsak memiliki kandungan protein, fruktosa, saponin, vitamin A, vitamin B, flavonoid, steroid, asetogenin, serta kalsium senyawa alkaloid yang dapat menstimulan organ-organ tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah agar senantiasa berada dalam kondisi normal.
Membuat ramuan herbal dengan memanfaatkan daun sirsak tidaklah sulit. Siapkan 6 – 10 lembar daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih berwarna hijau. Cuci daun-daun tersebut dengan air yang mengalir hingga bersih.
Potonglah dengan jarak/lebar sekitar ½ - 1 cm, dan rebus ke dalam 2 gelas air. Biarkan air rebusan tersebut sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah ramuan air daun sirsak sehari 2 kali, pagi dan malam, dengan dosis 1 gelas setiap kali minum.
Dengan cara tersebut, kadar gula darah di dalam tubuh akan senantiasa terkontrol.


0 Response to "Tanggulangi Diabetes Dengan Memanfaat Daun Sirsak"

Post a Comment